Connect with us

POLKAM

Antisipasi Bencana, BPBD NTT Lebih Awal Kirim Logistik ke Daerah

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Kupang, Penatimor.com – Mengantisipasi bencana alam terutama pada musim penghujan tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT sejak Agustus lalu sudah mendorong pengiriman logistik milik BPBD provinsi ke kabupaten/kota.

“Pengiriman logistik lebih cepat dimaksud untuk mengantisipasi jika kejadian bencana alam terjadi bersamaan pada sejumlah kabupaten,” kata Kepala BPBD Provinsi NTT, Tini Thadeus kepada wartawan di Kupang, Senin (19/11/2018).

Menurut Tini Thadeus, tentunya hal ini akan menjadi sulit dalam melakukan pengiriman. Karena pengalaman bencana alam pada tahun 2011 dan 2012 lalu, pihaknya sangat mengalami kesulitan melakukan penanganan karena peristiwa bencana terjadi di beberapa kabupaten dalam waktu bersamaan.

“Agar pengalaman tahun 2011 dan 2012 tidak terulang lagi, pengiriman logistik ke kabupaten/kota kita lakukan lebih awal atau masih dalam rentang waktu musim kemarau,” terang Tini Thadeus.

Tentang jenis logistik yang telah dikirim ke kabupaten/kota, dia mengatakan, ada beberapa jenis. Logistik yang dikirim itu antara lain, makanan siap saji, kompor, gula, teh, selimut, tikar dan beras.

“Logistik yang kita siapkan ini sebagai buffer stock atau penyangga stok dan bersifat darurat. Artinya, ketika ada bencana langsung disalurkan untuk membantu warga korban, tidak pakai prosedur atau mekanisme yang panjang,” terang Tini Thadeus.

Dia menambahkan, walau penyaluran logistik yang disiapkan BPBD tidak melalui prosedur yang panjang, tapi semua jenis logistik yang dipakai harus dilaporkan ke bupati dan BPBD Provinsi NTT. Sehingga bisa diketahui jumlah logistik yang telah dipakai dan bila ada permintaan penambahan, bisa disalurkan lagi sepanjang jenis kebutuhan yang diminta masih tersedia. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLKAM

Anita Gah Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kupang

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI asal Dapil NTT 2, Anita Jacoba Gah, melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Desa Kuenheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

NASIONAL

Kapolri Berkunjung ke NTT Saat Jumat Agung

Published

on

Penyambutan Kapolri di Bandara El Tari Kupang, Jumat (2/4/2021) malam.
Continue Reading

NASIONAL

Umat Kristen dan Muslim di NTT Kutuk Keras Aksi Bom di Makassar

Published

on

Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Pdt Dr Merry Kolimon.
Continue Reading