Connect with us

UTAMA

KKP Bantu Pemkot Kupang Benih Ikan dan Alat Tangkap

Published

on

Orson G. Nawa (Foto: Wiliam)

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang kembali mendapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa benih ikan dan alat tangkap.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kupang Orson G. Nawa, yang diwawancara di Balai Kota Kupang, Kamis (8/11), mengatakan, bantuan benih ikan diberikan KKP melalui Balai Konservasi Pembibitan di Jakarta.

“Bantuan berupa benih ikan Mas, Nila dan Koi,” ujar Orson.

Menurut dia, bantuan yang sudah diterima pihaknya adalah benih ikan Mas, sementara benih ikan Nila dan Koi belum diterima.

“Bantuan ikan Mas yang kami terima kurang lebih 20.000 ekor, dan saat ini sedang dititip pada salah satu tempat pembenihan milik warga, karena tempat pembenihan belum dimiliki DKP,” kata Orson.

Dia menambah, benih ikan Mas tersebut belum bisa dibagi, karena sangat kecil, sehingga masih perlu dipelihara oleh petugas penyuluh DKP agar lebih bagus dalam budidayanya.

“Secara ukuran, tiap-tiap benih ikan mempunyai keunggulan serta kelemahan masing-masing. Semakin besar ukuran benih ikan yang akan dibudidayakan, maka pastinya tingkat kematian juga relatif rendah,” jelasnya

Ditambahkan, dalam budidaya benih ikan, DKP sangat terbuka untuk siapa saja, baik itu secara perorangan maupun kelompok.

“Benih ini nantinya akan diberikan kepada siapa saja yang  membudidayakannya. Tapi sesuai prosedur, mengajukan proposal dan selanjutnya tim penyuluh akan melakukan indentifikasi sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Selain benih ikan, lanjut Orson, DKP juga mendapat bantuan berupa alat tangkap yang juga sudah diterima bersama dengan benih ikan Mas.

“Bantuan peralatan tangkap ini sebanyak 12 paket dengan nilai Rp 200 juta lebih,” sebut dia.

Sedangkan untuk bantuan benih ikan yang dibiayai melalui APBD saat ini masih dilakukan indentifikasi oleh petugas DKP.

“Kami perlu lakukan indentifikasi, guna mengetahui secara jelas akan kebutuhan benih ikan yang dibudidayakan,” pungkas Orson. (R3)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Hasil Swab Reaktif Covid-19, 5 Calon Polisi Langsung Digugurkan

Published

on

Panitia penerimaan anggota Polri saat memberikan pengarahan sebelum proses pemeriksaan kesehatan tahap I.
Continue Reading

UTAMA

IJTI Provinsi NTT Bantu Jurnalis Televisi Terdampak Seroja di Kupang

Published

on

Ketua IJTI NTT Fabianus Benge ketika menyerahkan bantuan sembako pada jurnalis televisi di Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Anita Gah Cek Data Beasiswa PIP di BRI, Surat Kuasa Tidak Sesuai Juknis

Published

on

Anggota DPR RI Komisi X Anita Jacoba Gah mengecek langsung data penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) pada BRI KCP Tenau, Kupang, NTT, Rabu (5/5/2021).
Continue Reading