Connect with us

EKONOMI

Ekonomi NTT Triwulan III 2018 Tumbuh 5,14 Persen

Published

on

Kepala BPS NTT, Maritje Pattiwaellapia sedang memberikan keterangan pers kepada awak media, Senin (5/11/2018)

Kupang, Penatimor.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maritje Pattiwaellapia mengatakan, perekonomian NTT triwulan Ill-2018 tumbuh sebesar 5,14 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017 secara year on year (y-on-y).

Perekonomian NTT berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III -2018 mencapai 25,86 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai 17,09 triliun.

“Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 9,60 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Eskpor yang bertumbuh sebesar 58,63 persen,” ungkapnya.

Menurut Maritje, ekonomi NTT triwulan lIl-2018 mengalami pertumbuhan sebesar 5,11 persen dibandingkan dengan triwulan ll-2018 (q-to-q). Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Konstruksi sebesar 8,78 persen.

“Sedangkan dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen Ekspor sebesar 43,87 persen,” katanya.

Dia menyampaikan, ekonomi NTT pada triwulan I sampai dengan Triwulan lll 2018 tumbuh sebesar 5,14 persen (c-to-c). Dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi tertinggi masih dicapai oleh lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum persen sebesar 15,33 persen.

“Struktur ekonomi NTT pada Triwulan lII-2018 masih didominasi oleh lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dengan kontribusi sebesar 28,64 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran masih didominasi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga, yaitu sebesar 66,94 persen,” pungkasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Masyarakat Sao di Ngada Belajar Metode Hutan Bambu Lestari

Published

on

Sebanyak 30 orang perwakilan komunitas Sao di Desa Radabata, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti Sosialisasi dan Workshop Metode Hutan Bambu Lestari (HBL) & Pengelolaan Keuangan Keluarga di Kampus Desa Bambu Turetogo, Yayasan Bambu Lestari yang berlangsung 23-25 November 2021.
Continue Reading

EKONOMI

Cari Kebutuhan di SPEKTRA FAIR Penuh Cuan Raih Diskon Angsuran Sebesar Rp 500 Ribu

Published

on

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya (kiri), dan Astra Multifinance President Director (SPEKTRA), Ardian Prasetya (kanan), saat meresmikan penyelenggaraan SPEKTRA FAIR yang dilaksanakan di 49 titik di Indonesia mulai 23-30 November 2021.
Continue Reading

EKONOMI

UMP 2022 Tak Berpihak ke Pekerja Media, AJI Pusat Sentil Kasus PHK Jurnalis TIMEX

Published

on

Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Foto: NET
Continue Reading
error: Content is protected !!