Connect with us

PENDIDIKAN

SPN Gelar Out Bound Bagi Siswa Diktuk Bintara Perbatasan

Published

on

Siswa Diktuk Bintara Polri Perbatasan tahun anggaran 2018 di SPN Polda NTT melakukan kegiatan out bound, Jumat (5/10).

Kupang, penatimor.com – Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda NTT menggelar kegiatan out bound bagi siswa Diktuk Bintara Polri Perbatasan tahun anggaran 2018.

Kegiatan out bound bagi siswa Diktuk Bintara Polri tahun anggaran 2018 telah berlangsung dengan sukses, hingga penutupan, Jumat (5/10).

Kegiatan tersebut merupakan satu tahap dari proses pendidikan pembentukan Bintara Polri, yaitu dasar Bhayangkara. Tahap ini berhasil diselesaikan para siswa.

Out bound yang dilaksanakan para siswa juga berlangsung dengan baik, mulai dari proses persiapan sampai dengan pelaksanaan, meskipun masih terdapat kekurangan, terutama fasilitas pendukung.

Namun semuanya itu dapat diatasi pihak SPN, melalui koordinasi dengan satuan atas, yaitu Polda NTT, dan juga Satuan Brimobda Polda NTT.

Hal ini menjadi bahan evaluasi bagi pihak SPN untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang.

Kepala SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto pada kesempatan itu, mengaku bangga dengan kemampuan siswa selama kegiatan out bound, mengingat kondisi alam yang cukup panas dan harus melewati berbagai rintangan alam yang tentunya menguras tenaga dan energi.

“Semuanya itu dapat dilalui karena adanya tekad dan kemauan untuk berhasil. Tekad ini harus tumbuh dan berkembang dalam diri siswa,” kata Kombes Nanang.

Dia melanjutkan, tekad ini juga sangat didukung oleh nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kegiatan out bound, seperti Consideration to Other, yaitu, melihat orang lain sama pentingnya sebagaimana kita sendiri, memberi semangat dan menolong sesama, serta memikirkan kebahagiaan orang lain.

Selain itu adalah Leadership, yaitu bertanggung jawab dalam kelompok, dan mampu mengorganisir orang lain, termasuk Comunication, yaitu berbicara dan mendengarkan orang lain, memberikan ide dan opini, memahami instruksi, bergabung dalam diskusi kelompok untuk pemecahan suatu masalah.

Serta, Reacting to Challence, yaitu, suka dengan tantangan baru, dan mendapatkan kepuasan dengan menyelesaikan tugas yang sulit dan lebih suka melakukan dari pada memikirkan.

Hal penting lainnya adalah Teamwork, yaitu berbagi ide, mengemukakan pendapat dan keterbukaan, juga Personal Quality, yaitu mudah menyesuaikan diri, mengerjakan yang terbaik, rapih dan tepat waktu.

Termasuk, Tolerance of Other, yaitu, tidak terus menerus memaksakan diri sendiri, mau menerima kritrik dan mendengarkan orang lain walaupun tidak sependapat.

Nilai pendidikan lainnya adalah Decision Making, yaitu mudah mengambil keputusan, teguh pada keputusan yang diambil, dan mencari saran terbaik sebelum mengambil keputusan.

Kombes Nanang melanjutkan, nilai pendidikan ini telah dirasakan oleh siswa selama kegiatan out bound, dengan harapan nilai pendidikan ini dapat memberi manfaat demi pengembangan diri siswa.

“Setelah berakhirnya masa Dasbhara dan sesuai kalender pendidikan bahwa mulai tanggal 6-9 Oktober 2018 siswa melaksanakan libur,” sebut Nanang.

Oleh karena itu, perwira menengah Polri dengan pangkat tiga melati di pundak itu, sampaikan beberapa penekanan, yaitu siswa selama liburan tidak boleh melakukan pelanggaran sekecil apapun, tidak boleh mengomsumsi minuman keras, tidak boleh berjudi, tidak boleh masuk ke tempat hiburan, dan kepada pengasuh agar memberikan tugas selama siswa melaksanakan liburan.

“Kepada para instruktur, pengasuh dan ASN, saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi, semangat dan pengorbanan baik pikiran maupun tenaga, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai dengan berakhirnya kegiatan out bound siswa Diktuk Polri Perbatasan tahun anggaran 2018, telah dilaksanakan dengan baik,” pungkas Kombes Nanang. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENDIDIKAN

Isak Daud Moaley Resmi Pimpin Kemahnuri

Published

on

Ketua Umum IKKA Kupang, Robert Jimmy Lambila, SH., MH., berpose bersama badan pengurus Kemahnuri yang baru di Aula Asrama Mahasiswa Pemda Alor, Jalan Alfa Omega, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Minggu (13/13/2020).
Continue Reading

PENDIDIKAN

Ketum IKKA Kupang Lantik Pengurus Kemanuri Periode 2020-2022

Published

on

Ketua Umum IKKA Kupang, Robert Jimmy Lambila, SH.,MH., melantik pengurus Kemanuri masa bakti 2020-2022 di Aula Asrama Pemda Kabupaten Alor, Kelurahan Lasiana, Minggu (13/12/2020).
Continue Reading

PENDIDIKAN

224 Siswa Bintara Polri Mulai Jalani Pendidikan di SPN Kupang

Published

on

Pembukaan Pendidikan Bintara Polri di lapangan SPN Kupang, Selasa (17/11/2020).
Continue Reading