Connect with us

POLKAM

Fraksi Demokrat Dorong Pemerintah Tinjau Kembali Izin Investasi 

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Fraksi Demokrat Dorong Pemerintah Tinjau Kembali Izin Investasi

Kupang, Penatimor.com – Fraksi Partai Demokrat mendorong Pemerintah NTT untuk melakukan peninjauan kembali izin terhadap investasi perkebunan maupun ternak bahkan bisnis perhotelan yang berdampak merusak lingkungan, alam dan potensi wisata.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT, Winston Neil Rondo sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Winston, Fraksi Partai Demokrat mendukung komitmen pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan sektor pariwisata sebagai potensi unggulan NTT dan juga menjadi bagian dari strategi pembangunan nasional untuk wilayah NTT.

“Salah satu langkah cepat yang telah diambil Gubernur adalah melakukan moratorium tambang yang dianggap sebagai salah satu potensi yang dapat menghambat pembangunan pariwisata,” ungkapnya.

Dia menegaskan, Fraksi Partai Demokrat mengingatkan pemerintah untuk tidak hanya pada industri ekstraksi seperti tambang tetapi juga pada segala upaya atau kegiatan yang dapat merusak potensi pariwisata.

“Eksploitasi lahan yang berlebihan untuk investasi yang mencaplok area-area potensial pariwisata seperti kawasan pantai, hutan lindung, cagar budaya harus juga dihentikan,” tegasnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang ini juga menyatakan, moratorium yang akan dilakukan pemerintah tidak hanya terhadap tambang tetapi harus dilakukan terhadap semua jenis investasi yang merugikan rakyat NTT dan berpotensi merusak lingkungan bahkan potensi pariwisata yang dimiliki.

“Bapak Gubernur dan jajaran juga harus berani melakukan moratorium terhadap investasi pengelolaan lahan untuk perkebunan dan peternakan di daratan Sumba oleh PT Muria Sumba Manis (PT MSM) dan PT Asia Beef yang tidak saja merugikan bahkan mencaplok tanah ulayat masyarakat adat Sumba dan  juga berpotensi merusak kawasan hutan, pantai dan cagar budaya yang menjadi ikon pariwisata Sumba,” ujarnya.

Fraksi Partai Demokrat, lanjut Winston, juga mendukung pemerintah agar segera melakukan desain percepatan pembangunan pariwisata NTT. Banyak kajian yang telah dilakukan untuk pengembangan pariwisata di NTT, karena itu dibutuhkan komitmen dan kemampuan untuk mengintegrasikannya dalam program pembangunan daerah.

“Hal yang juga perlu menjadi catatan serius adalah terkait perizinan-perizinan maupun sertifikasi profesional yang berkontribusi bagi percepatan pembangunan pariwisata seperti pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Lembaga Sertifikasi Usaha  (LSU) di tingkat provinsi,” tandasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Pilkada Aman, Kapolda NTT Beri Apresiasi, Imbau Warga Bijak Bermedsos

Published

on

Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif memberikan keterangan kepada wartawan di lobi lantai 1 Mapolda, Kamis (10/12/2020) pagi tadi.
Continue Reading

PILKADA

APMS dan Kelompok Pengecer BBM di Sabu Raijua Dukung Pilkada Damai, Hindari Hoax dan Isu SARA

Published

on

Agen Premium Minyak Solar (APMS) dan kelompok pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Sabu Raijua mendukung pemilihan kepada daerah (Pilkada) Damai pada 9 Desember 2020 mendatang.
Continue Reading

POLKAM

GP Ansor Kupang Ajak Kaum Muda Jaga Kamtibmas, Wujudkan Pilkada Damai

Published

on

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kupang mengajak seluruh generasi muda agar bersama menjaga persatuan dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif.
Continue Reading