Connect with us

EKONOMI

Pemerintah NTT Siapkan Kredit untuk Bantu Petani

Published

on

Foto: IST

Kupang, Penatimor.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan, Pemerintah Provinsi akan menyiapkan kredit untuk membantu para petani di daerah itu.

“Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus kuat. Seluruh data base kekayaan dan potensi desa harus dimiliki. Provinsi akan siapkan kredit, untuk membantu para petani,” kata Gubernur Laiskodat menjawab pertanyaan Kepala Desa Naimana, Dominikus Kanefmone dalam sesi dialog di Rumah Jabatan Bupati Malaka, Haitimuk, Jumat (14/9/2018).

Laiskodat menyatakan, pola pikir masyarakat perlu dilatih dan kembangkan. Pelatihan keterampilan perlu dilakukan serta keahlian wirausaha harus dilatih.

“Setiap pendamping juga harus bisa memberi contoh terlebih dahulu. Mereka harus mandiri,” pungkas Gubernur Laiskodat seraya menyentil pentingnya bantuan unit usaha bagi para aparatur sipil negara.

Dalam sesi diskusi yang dimoderatori oleh Bupati Malaka Stef Bria Seran itu, terungkap banyak usulan dan harapan. Bersama masyarakat, nampak hadir juga 127 kepala desa dan 12 orang camat serta para pejabat dari unsur Forkopimda Malaka.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Marselus Bere menceritakan kendala pertanian di tempatnya. Bere meminta perhatian Pemerintah Provinsi NTT untuk membantu usaha tani warganya yang berada di wilayah pegunungan.

Sementara itu, Kepala Desa Lawalu, Daniel Kehi meminta dukungan informasi pasar untuk pemasaran hasil-hasil bumi warganya. Permintaan ini senada dengan usulan Kepala Desa Besikama yang meminta bantuan satu unit truck. Karena warganya kewalahan untuk menyalurkan hasil panen jagung yang melimpah tahun ini. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Bazar Ramadhan Kejati NTT, 3,5 Ton Beras dan Aneka Kebutuhan Pokok Ludes Terjual

Published

on

Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Riono Budisantoso.
Continue Reading

EKONOMI

Gandeng Bulog dan Pegadaian, IAD NTT Gelar Bazar Ramadhan, Sediakan Sembako Murah

Published

on

Plt. Kajati NTT Riono Budisantoso, SH.,MA., bersama Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Wolse Riono Budi Santoso, saat membuka kegiatan Bazar Ramadhan 2024 di halaman kantor Kejati NTT, Selasa (265/3/2024) siang.
Continue Reading

EKONOMI

Bank NTT Raih Dua Penghargaan Bergengsi dalam TOP BUMD Awards 2024, Dirut Alex Raih TOP CEO

Published

on

Acara puncak penyerahan penghargaan TOP BUMD Awards 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).
Continue Reading