Connect with us

UTAMA

Permohonan Ditolak, Habde Dami Resmi Gugur dari Bacaleg

Published

on

Sidang adjudikasi penyelesaian sengketa proses pemiluhan umun berlangsung di SMK Wira Karya Kupang, Selasa (4/9).

Kupang, penatimor.com – Sidang adjudikasi yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kupang, memutuskan Habde Adrianus Dami asal Partai Berkarya Dapil I Kota Raja, resmi tidak terdaftar sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Kupang.Dalam sidang adjudikasi penyelesaian sengketa proses pemiluhan umum, yang digelar di SMK Wira Karya Kupang, Selasa (4/9), yang dihadiri oleh Habde Adrianus Dami bersama pengurus Partai Berkarya Kota Kupang, Komisioner KPU Kota Kupang Lodowyk Fredik serta anggota lainnya.

Sidang adjudikasi yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni, didampingi anggota Junior Adichandra Nange dan Susiani Kanaha.

Julianus Nomleni, mengatakan, Habde Adrianus Dami dinyatakan tidak memenuhi syarat dan digantikan dengan calon lain.

Melihat bukti-bukti yang ada, lanjut Julianus, bahwa yang bersangkutan adalah mantan narapidana kasus korupsi, sehingga diputuskan untuk menolak permohonan termohon atau Habde Adrianus Dami untuk seluruhnya, dan memerintahkan kepada KPU Kota Kupang untuk melaksanakan putusan tersebut paling lambat tiga hari kerja.“Selanjutnya, termohon dapat melakukan koreksi putusan kepada Bawaslu RI, melalui Bawaslu Provinsi NTT, terhitung sehari sejak putusan ini dibacakan,” ujarnya.

Sementara itu, Habde Adrianus Dami mengatakan, ini merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkan kesempatan untuk menyatakan pendapat. Walaupun pada akhirnya semua usulan itu ditolak. Tetapi itu semua merupakan hak dan merupakan sebuah dinamika demokrasi.

“Putusan ini tidak akan merugikan partai politik. Karena masih ada kader-kader lainnya yang juga akan bertarung nantinya,” ungkap Habde.

Dia mengaku, posisinya telah digantikan oleh Yos Bessi dan diharapkan pengganti ini bisa bertarung dan memberikan yang terbaik.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Kupang Lodowyk Fredik, mengatakan, semua telah mendengar putusan Bawaslu Kota Kupang sebagai pimpinan sidang adjudikasi yang putusannya menolak permohonan dari Partai Berkarya agar Habde Adrianus Dami diakomodir kembali.

“Putusan ini disamping menolak, juga memerintahkan kepada KPU Kota Kupang untuk menindaklanjuti putusan ini. Melihat Undang-Undang, dimana putusan Bawaslu wajib ditindaklanjuti. Ini bukan rekomendasi tetapi memerintahkan,” ujar Lodowyk.

Dia mengatakan, pengganti Habde Adrianus Dami sudah diajukan sebelum 31 Juli pada masa perbaikan dokumen, dan setelah diperbaiki, pada masa uji publik pada 12-21 Agustus, tidak ada keberatan.

“Jadi enam bakal calon legislatif Partai Berkarya dari dapil I Kota Raja semuanya memenuhi syarat,” pungkas Lodowyk. (R1)

Advertisement


Loading...

HUKRIM

Gandeng “Kaka Duki”, Kejari TTU Beri Penerangan Hukum Lewat Video Literasi

Published

on

Salah satu adegan dalam video literasi yang dibuat Kejari TTU bersama komedian Kaka Duki dalam rangka memberikan penerangan hukum kepada masyarakat. Foto: Tangkapan Layar
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT dan Polres Jajaran Tindak Tegas Aksi Premanisme di Terminal dan Pelabuhan

Published

on

Tim kepolisian melakukan pemantauan di terminal peti kemas Pelabuhan Tenau, Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Begal Payudara di Kupang, Pemuda Asal TTS Terancam 9 Tahun Penjara

Published

on

Pelaku begal payudara ketika diamankan di Mapolsek Kelapa Lima. (Foto: Istimewa)
Continue Reading