Connect with us

SOSBUD

Ribuan Peserta Ramaikan Karnaval Budaya di Kupang

Published

on

Rombongan Polres Kupang Kota turut menjadi peserta karnaval dalam rangka HUT ke-73 kemerdekaan RI berlangsung meriah, Senin (20/8)

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT menggelar karnaval dalam rangka merayakan HUT ke-73 Republik Indonesia, Senin (20/8).

Kegiatan itu mengambil titik start dari Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT sampai depan Stadion Merdeka.
Karnaval dilepas oleh Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon, didampingi istri, Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman, dan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Tegu Muji Angkasa.

Turut hadir seluruh jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTT.

Ribuan peserta karnaval dilepas pada pukul 13.30. Di barisan utama, para drum band yang berasal dari SD, SMP dan SMA di Kota Kupang.

Para peserta tampak mengenakan berbagai pakaian adat daerah NTT. Ikut mengambil bagian, Keluarga Sulawesi Selatan, Toraja, Bali, Bima, dan lainnya.

Ada juga penampilan atraksi barongsai dan pencak silat. Total peserta karnaval berjumlah 240an rombongan.

Saat peserta karnaval dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTT melewati titik start, Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon menggandeng Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dr. Yovita Mitak untuk berpose bersama rombongan karnaval, juga mencicipi aneka makanan khas NTT, yang dikreasikan menjadi es krim dan aneka makanan lainnya.

Selain itu, saat rombongan Kartika Candra Kirana Korem 161/Wira Sakti, Danrem bersama Penjabat Gubernur NTT turun dari tempat duduk untuk berpose bersama rombongan karnaval.

Juga dengan peserta karnaval dari Taruna Siaga Bencana Provinsi NTT, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT Wilem Foni bersama Robert Simbolon langsung turun untuk berpose bersama.

Robert Simbolon bersama istri beberapa kali turun untuk berpose bersama peserta karnaval. Hal ini mengundang perhatian semua peserta karnaval lainnya yang juga ingin berpose bersama.

Robert Simbolon mengatakan, dirinya sangat senang dan bangga melihat antusias masyarakat NTT, dari semua kalangan, lapisan dan kelompok umur mulai dari kanak-kanak sampai oramg dewasa.

“Saya senang dan bangga melihat antusiasi masyarakat NTT. Semua kalangan mengambil bagian dalam karnaval ini, juga terlihat kegembiraan di wajah semua peserta. Mereka mengekspresikan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai cara, menampilkan berbagai budaya dan lainnya,” kata Robert.

Dia menjelaskan, melihat antusias masyarakat NTT mengikuti karnaval ini yang menghadirkan berbagai keberagaman budaya, menunjukan kekayaan Indonesia yang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

“Dengan karnaval ini, kita bisa lihat betapa kaya budaya NTT. Diharapkan tahun-tahun kedepan dapat terus ditingkatkan,” terangnya.

Msyarakat NTT kata Simbolon, harus mencintai dirinya, daerahnya dan budayanya. Masyarakat NTT ikut mengekspresikan kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai aksi dan penampilan, juga bakat-bakat anak muda sebagai generasi penerus bangsa. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSBUD

Pameran Pembangunan di Kefamenanu Perketat Protokol Kesehatan

Published

on

Salah satu pengunjung pameran tampak mencuci tangan sebelum memasuki stan pameran.
Continue Reading

SOSBUD

Gubernur VBL: Lontar Pohon Kehidupan Masyarakat NTT

Published

on

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat
Continue Reading

SOSBUD

Keluarga Besar Lamaholot di Kupang Gelar Silaturahmi Tahun Baru 2020

Published

on

Ketua IKAL Dr. Kotan Y. Stefanus, S.H, M.Hum., dalam jumpa pers (30/1/2020) petang.
Continue Reading