Connect with us

UTAMA

Soal Hery Kadja, KPU RI Minta Klarifikasi KPU Kota Kupang, Dilaporkan ke DKPP

Published

on

Hery Kadja hendak dibawa dari tahanan Kejari Kota Kupang ke Rutan Kelas 2B Kupang untuk menjalani penahanan sebagai tersangka perjudian.

Jakarta, penatimor.com – Pihak KPU RI meminta klarifikasi KPU Kota Kupang terkait status bacaleg Partai Demokrat bernama Hery Kadja yang telah ditetapkan memenuhi syarat.

Permintaan klarifikasi ini disampaikan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan yang memerintahkan KPU Provinsi NTT untuk melakukan klarifikasi kepada KPU Kota Kupang yang meloloskan bacaleg yang merupakan mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak di Kupang berdasarkan laporan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Wahyu menuturkan hal tersebut dilakukan agar KPU Kota Kupang melakukan verifikasi terhadap hasil salinan putusan yang menerangkan bacaleg tersebut merupakan mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak.

“Kita sudah memeritahkan KPU Provinsi NTT untuk melakukan klarifikasi dan supervisi kepada KPU Kota Kupang terkait hal ini,” ungkap Wahyu di Kantor KPAI, Jakarta, Rabu (8/8).

Saat ditanya terkait adanya dugaan keberpihakan KPU Kota Kupang yang meloloskan bacaleg tersebut hingga tahap perbaikan verifikasi, dirinya memandang hal tersebut merupakan wewenang Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI.

Dengan demikian, pihaknya tidak bisa melakukan pemberhentian anggota KPU jika memang terbukti melanggar ketentuan kewenangannya.

Pihaknya pun saat ini masih mempertimbangkan untuk melanjutkan kasus tersebut ke pihak DKPP.

“Kalau kami tidak bisa memecat anggota KPU, karena yang berhak DKPP. Perkara kami akan melaporkan itu ke DKPP, akan kita pertimbangkan. Keabsahan dokumen salinan itu karena bentuknya fotokopian, jadi kita juga harus hati-hati dalam mengambil putusan,” ungkapnya.

Sebelumnya, KPAI menemukan adanya bacaleg di Kota Kupang yang merupakan mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak.

KPAI mendapat informasi terkait bacaleg tersebut adalah Hery Kadja yang maju dari Partai Demokrat. Diketahui Hery pernah terlibat kasus pada tahun 1991 yang dalam putusannya itu menyangkut pemerkosaan terhadap seorang wanita berusia 15 tahun. (R3)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Komplotan Pencuri Sapi di Kupang Segera Diadili di Pengadilan, Pimpinannya Pecatan Polisi

Published

on

Pelimpahan tahap kedua perkara dugaan tindak pidana pencurian ternak sapi di kantor Kejari Kabupaten Kupang, Jumat (24/9/2021). Tampak para tersangka diperiksa petugas Kejaksaan.
Continue Reading

EKONOMI

Pimpinan SMMF Cabang Sikka Apresiasi Putusan MK, Terkait Eksekusi Jaminan Fidusia

Published

on

Pimpinan Sinarmas Multifinance Cabang Sikka, Christ B.M. Johannis, SH.
Continue Reading

HUKRIM

Dugaan Malpraktek, Seorang Pria Asal TTU Diamankan Polisi

Published

on

Terduga pelaku malpraktek Antonius Elfridus Haikilo.
Continue Reading
error: Content is protected !!