Connect with us

UTAMA

Sinergitas Disdik-Dinkes, Pastikan Semua Siswa Dapat Imunisasi MR

Published

on

Pelaksaan Imunisasi MR di Kota Kupang oleh Ikatan Dokter Anak.

Kupang, penatimor.com – Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Kupang bekerja sama untuk memastikan semua siswa-siwi TK, PAUD, SD dan SMP di Kota Kupang mendapat Imunisasi MR.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Filmon Lulupoy saat diwawancarai di Kupang, Minggu (5/8).

Filmon mengaku, selama ini koordinasi antara Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan terus berjalan agar pelaksanaan Imunisasi MR bisa berjalan baik di semua sekolah yang menjadi sasaran.

“Kami dari dinas juga sudah menyurati semua sekolah, dan menginstruksikan agar masing-masing sekolah memastikan bahwa siswa-siswi mereka mendapat Imunisasi MR,” katanya.

Filmon menjelaskan, semua sekolah di Kota Kupang yang merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, dipastikan ada posko pelayanan Imunisasi MR. Kecuali bagi sekolah yang jumlah peserta didiknya sedikit, maka diakomodir ke sekolah yang lain.

“Saya sudah konsultasikan ke semua sekolah. Dan dipastikan pada Senin 6 Agustus, dinas akan melakukan pengecekan ke sekolah-sekolah. Jumlah sekolah di Kota Kupang tidak banyak, dan semuanya bisa dijangkau, jadi saya rasa tidak ada masalah dan pasti berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, semua orangtua siswa sudah diinformasikan tentang pelaksanaan Imunisasi MR, sehingga orangtua harus membawa anak-anak ke sekolah untuk mendapat pelayanan imunisasi.

“Kadang-kadang anak takut mendapat imunisasi, karena suntik dan lain-lain. Dan kadang anak sengaja tidak ke sekolah agar tidak diimunisasi. Mengantisipasi ini, kami sudah instruksikan ke sekolah agar bisa memberikan informasi kepada semua orangtua siswa, agar anak-anak bisa dibawa untuk mendapat imunisasi,” ungkapnya.

Menurut Filmon, pendidikan dan kesehatan merupakan dua komponen penting yang harus diterima anak. Dan menjadi kewajiban semua unsur untuk memenuhinya.

Untuk itu, Dinas Pendidikan dan seluruh staf pendidik dan tenaga kependidikan bekerja sama dan membangun sinergitas dengan pihak kesehatan, agar semua program kesehatan bisa berjalan dengan baik.

“Imunisasi MR adalah program pemerintah dengan tujuan untuk melindungi anak-anak bangsa. Untuk menjamin masa depan anak dengan kesehatan. Artinya, semua anak wajib mendapat imunisasi, dan semua yang terlibat berkewajiban memenuhinya. Orangtua, sekolah, masyarakat, dan semua unsur lainnya, diajak untuk mensukseskan program pemerintah ini,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Alor Meningkat

Published

on

Dialog bersama di Aula Bahra Daksa Polres Alor, Kamis (21/1/2021) siang.
Continue Reading

HUKRIM

Notaris Dijadikan Tersangka oleh Kejati NTT, INI dan IPPAT Sepakat Mogok Kerja

Published

on

Pengurus dan anggota Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Wilayah NTT berpose bersama usai jumpa pers di Kupang, Rabu (20/1/2021).
Continue Reading

HUKRIM

Polisi Dalami Kasus Penganiayaan Wartawan di Flores Timur

Published

on

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, SH., SIK., MH., saat dikonfirmasi wartawan di Kupang, Selasa (19/1/2021).
Continue Reading