Connect with us

UTAMA

Lepas Jemaah Calon Haji, Pemkot Kupang Bantu Rp 300 Juta

Published

on

Para JCH Kota Kupang pose bersama Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan jajarannya seusai acara pelepasan di Balai Kota Kupang, Sabtu (28/7).

Kupang, penatimor.com– Sebanyak 224 orang jemaah calon haji (JCH) Kota Kupang siap menunaikan rukun Islam ke-5 di Mekah.

Rombongan JCH dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang di Balai Kota, Sabtu (28/7).

Pelepasan JCH dilakukan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, didampingi oleh Forkopimda Kota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Perwakilan Anggota DPRD Kota Kupang, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kupang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang Ambrosius Korbafo,  mengatakan, pada tahun 2018 terdapat 224 orang JCH asal Kota Kupang yang akan berangkat dari daftar tunggu sebanyak 18.776 orang.

Dia mengatakan, JCH Kota Kupang yang akan berangkat terdiri atas 98 orang laki-laki dan 126 orang perempuan.

Secara keseluruhan rincian per kecamatan terdiri atas 134 orang dari Kecamatan Kelapa Lima, 54 orang dari Kecamatan Oebobo, dan 18 orang dari Kecamatan Alak.

“Rombongan jemaah calon haji akan bertolak dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Juanda Surabaya pada Selasa 7 Agustus 2018. Penerbangan menggunakan pesawat Garuda GA-449 dengan jumlah jamaah sebanyak 104 orang dan Lion JT-695 dengan jumlah jamaah sebanyak 80 orang. Sebelum menuju Tanah Suci, mereka telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan, vaksin dan meningitis pada 21 Februari – 20 Juli 2018 di Puskesmas Bakunase,” ungkap Ambrosius.

Selain itu kata dia, para JCH telah mendapatkan pembinaan atau  bimbingan Manasik pada 12 Januari – 12 Mei 2018 selama 5 bulan di Masjid AL Mutaqin dan 1–10 Juli 2018 di Asrama Haji Kupang.

“Semoga melalui pemeriksaan dan pembinaan yang telah dijalani membantu bapak/ibu jemaah calon haji menjadi lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah,” sebut dia.

Sementara itu Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, mengatakan, seluruh JCH akan mendarat di Jeddah pada Kamis 9 Agustus 2018 dini hari, sementara waktu tinggal di Arab Saudi selama 41 hari.

“Saya akan berangkat bersama para jemaah calon haji sampai di Surabaya.  Saya mau pastikan bahwa semua tetap sehat sebelum berangkat. Saya juga mau semua kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan membawa banyak manfaat. Agar bisa dibagi bersama masyarakat lainnya,” kata Wali Kota Kupang yang akrab disapa Jeriko ini.

Dia menjelaskan, rombongan JCH akan kembali ke tanah air pada Rabu, 19 September 2018 dan akan bertolak ke Kota Kupang pada Kamis, 30 September 2018.

“Sebagai salah bentuk dukungan, Pemerintah Kota Kupang akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 300 juta kepada jamaah haji yang kembali ke Kota Kupang,” ungkapnya.

Jeriko juga mengapresiasi semangat masyarakat muslim di Kota Kupang dalam menjalankan ibadah.

Diharapkan tahun berikutnya kuota yang disediakan untuk Kota Kupang lebih banyak, dan pemerintah juga bisa membantu memberikan dana berangkat ibadah ke tanah suci.

“Semoga tahun depan jemaah calon haji akan terus meningkat dan tolong doakan Kota Kupang serta para pemimpin daerah ini sehingga Kota Kupang dapat menjadi jauh lebih baik lagi. Kami akan tetap upayakan agar bantuan dana dari pemerintah bisa dinaikan agar setiap tahunnya calon jamaah haji bisa terbantu,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Tikam Tuan Pesta di Kupang hingga Tewas, Pemuda Ini Terancam 15 Tahun Penjara

Published

on

Kapolsek Kelapa Lima Kompol Sepuh Siregar dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (26/11/2021) petang.
Continue Reading

PILKADA

Terungkap Fakta Dukungan Parpol yang Tidak Utuh pada Wabup Ende Terpilih

Published

on

Petrus Salestinus
Continue Reading

HUKRIM

PN Kupang Eksekusi Lahan di Oebobo, 6 Rumah Dirobohkan

Published

on

Proses eksekusi lahan oleh PN Kupang di Jalan W.J. Lalamentik RT 27/RW 08, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Jumat (26/11/2021).
Continue Reading
error: Content is protected !!