Connect with us

POLKAM

Pemerintah Harus Hadir Dalam Kepentingan Rakyat

Published

on

Dok. penatimor.com

Kupang, Penatimor.com – Pemerintah di setiap tingkatan tidak boleh absen terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon sampaikan ini pada acara pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan penjabat Bupati Sikka, Mekeng P. Florianus di Kupang, Jumat (20/7/2018).

Robert mengatakan, pemerintah termasuk penjabat Bupati Sikka harus selalu hadir dalam setiap kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Sehingga ketika ada persoalan yang dihadapi masyarakat, langsung disikapi. Selain itu harus selalu menjawab harapan masyarakat.

“Jangan sampai media massa lebih cepat melapor ke presiden, sedangkan pemerintah daerah tidak tahu, termasuk gubernur pun tidsk tahu karena tidak dilaporkan bupati,” kata Robert.

Kepada penjabat Bupati Sikka terlantik, dia menyatakan, harus menjalankan tugas dengan sebaik- baiknya dan bertanggungjawab. Seorang pejabat atau pemimpin harus memiliki kepribadian yang baik, berani, dan cerdas. Berani dalam konteks ini adalah tampil untuk berpihak pada rakyat dan kebenaran. Sedangkan cerdas karena persoalan yang dihadapi masyarakat sangat kompleks.

Tentunya tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu disiplin ilmu. Dibutuhkan semua disiplin ilmu untuk meramu semua persoalan rakyat yang pada gilirannya menghasilkan kebijakan yang pro rakyat.

“Tugas utama penjabat bupati adalah belajar, belajar dan belajar,” tandas Robert.

Dia kembali mengingatkan agar selalu menjaga martabat dan kewibawaan diri, keluarga dan pemerintah provinsi. Sebagai pejabat pratama tingkat privinsi, tentunya dinilai memenuhi syarat dan dipercaya mampu menjalankan tugas sebagai penjabat bupati. Jabatan yang diemban sampai dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 2018.

“Penjabat bupati harus juga memperhatikan program strategis presiden di Sikka dan memastikan program nawacita hadir di masyarakat,” tandas Robert.

Robert menyebutkan, tugas utama lain yang harus diperhatikan adalah memastikan kepemimpinan di Sikka dalam hal pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan terus berlangsung. Melakukan instalasi program bupati dan wakil bupati terpilih. Menjelang pelaksanaan pemilu 2019, hendaknya selalu berkoordinasi dengan semua elemen agar daerah tetap kondusif dan aman.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Viktor Manek mengatakan, penjabat Bupati Sikka dilarang melakukan mutasi jabatan di lingkup Pemda, kecuali setelah mendapat persetujuan Mendagri.

Walau dilantik menjadi penjabat bupati, Mekeng Florianus tetap menduduki jabatan pimpinan pratama sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLKAM

Anita Gah Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kupang

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI asal Dapil NTT 2, Anita Jacoba Gah, melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Desa Kuenheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

NASIONAL

Kapolri Berkunjung ke NTT Saat Jumat Agung

Published

on

Penyambutan Kapolri di Bandara El Tari Kupang, Jumat (2/4/2021) malam.
Continue Reading

NASIONAL

Umat Kristen dan Muslim di NTT Kutuk Keras Aksi Bom di Makassar

Published

on

Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Pdt Dr Merry Kolimon.
Continue Reading