Connect with us

UTAMA

DPRD Dukung Sukseskan Program Imunisasi Measles Rubella

Published

on

Ilustrasi imunisasi Measles Rubella (NET)

Kupang, penatimor.com – Komisi IV DPRD Kota Kupang Kota Kupang mendukung pelaksanaan kampanye vaksinasi Measles Rubella (MR) sebagai upaya mencegah campak dan rubella.

Dukungan yang diberikan Komisi IV DPRD Kota Kupang, dengan mengimbau kepada masyarakat Kota Kupang guna dapat mensukseskan program imunisasi MR.

Diharapkan semua masyarakat bisa ambil bagian dalam program ini. Terutama orangtua agar membawa anak-anaknya ke berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Kota Kupang.

“Saya sebagai wakil rakyat tentunya mengharapkan partisipasi masyarakat Kota Kupang dapat sukseskan pelaksanaan imunisasi MR yang akan digelar pada bulan Agustus-September nanti,” kata Theodora Iwalde Taek, saat diwawancarai di Kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (5/7).

Menurutnya, pelaksanaan imunisasi MR hanya diperuntukkan pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun saja.

Untuk itu, agar bisa tercegah dari penyakit campak dan rubella, partisipasi masyarakat sangatlah penting guna menggunakan kesempatan tersebut agar generasi penerus bisa berkembang dengan sehat.

“Masyarakat diharapkan dapat menggunakan kesempatan ini, karena pelaksanaan ini hanya untuk usia tertentu. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk tidak menunda jika mengetahui informasi ini, dengan membawa anak-anak kita untuk mendapat imunisasi pada fasilitas pelayanan yang ada,” katanya.

Menurutnya, dalam mempersiapkan masa depan generasi penerus, tidak hanya pada sisi pendidikan, tetapi dari sisi kesehatan juga sangat penting.

Oleh karena itu, politisi PKB ini meminta agar Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi dan kampanye, baik melalui media sosial maupun tempat fasilitas kesehatan dan sekolah yang ada, guna lebih banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi, mengatakan, dalam mengkampanyekan pelaksanaan imunisasi MR ini, selain penyampaian melalui pemberitaaan media baik cetak maupun online, Dinas Kesehatan Kota Kupang juga melakukan kampanye kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk pada ruas jalan strategis.

“Dalam mensukseskan program ini, kami terus mengajak masyarakat Kota Kupang melalui media sosial, pemberitaan di media cetak dan online, dan juga pemasangan spanduk yang mengajak masyarakat untuk melindungi buah hati dengan memberikan imunisasi MR. Di spanduk itu bertuliskan, “Ayo, Lindungi Buah Hati Anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan rubella, segera berikan imunisasi MR,” katanya.

Dia menambahkan, lokasi strategis yang dipasang spanduk ini diantaranya lampu merah, Jl. S.K Lerik, Jl. El Tari, Jl. W.J Lalamentik, wilayah sekitar Oeba dan Merdeka serta sejumlah tempat strategis lainnya.

Imunisasi MR, lanjut Sri, diberikan secara gratis di semua fasilitas kesehatan di Kota Kupang, diantaranya, rumah sakit, Puskesmas, Pustu, klinik dan di sekolah-sekolah.

“Kami juga memberikan surat di gereja-gereja, masjid, dan rumah ibadah lainnya agar bisa mengimbau jemaatnya untuk membawa anak-anak ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imuninasi. Juga dengan pihak kelurahan, ada petugas kesehatan yang langsung datang mensosialisasikan di masyarakat,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Gandeng “Kaka Duki”, Kejari TTU Beri Penerangan Hukum Lewat Video Literasi

Published

on

Salah satu adegan dalam video literasi yang dibuat Kejari TTU bersama komedian Kaka Duki dalam rangka memberikan penerangan hukum kepada masyarakat. Foto: Tangkapan Layar
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT dan Polres Jajaran Tindak Tegas Aksi Premanisme di Terminal dan Pelabuhan

Published

on

Tim kepolisian melakukan pemantauan di terminal peti kemas Pelabuhan Tenau, Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Begal Payudara di Kupang, Pemuda Asal TTS Terancam 9 Tahun Penjara

Published

on

Pelaku begal payudara ketika diamankan di Mapolsek Kelapa Lima. (Foto: Istimewa)
Continue Reading