Connect with us

UTAMA

Paul Budi Kleden jadi Pemimpin SVD Dunia

Published

on

Paul Budi Kleden

Jakarta, penatimor.com – Pater Paul Budi Kleden SVD terpilih menjadi Superior General SVD Dunia, pada Rabu (4/7), pada minggu terakhir Kapitel General SVD di Roma.

Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh para pastor dari Eropa dan negara Asia lain. Terakhir oleh Pater Anton Pernia SVD dari Filipina.

Jabatan tertinggi dalam biara SVD ini untuk pertama kalinya dipercayakan kepada orang Indonesia. Ini akan menjadi catatan sejarah yang sangat penting bagi SVD Indonesia, dan tentu saja bagi Gereja Katolik Indonesia.

Pater Budi Kleden lahir di Waibalun, paroki St. Ignatius-Waebalun-Flores Timur, Larantuka, pada 16 November 1965 dari pasangan Petrus Sina Kleden dan Dorotea Sea Halan.

Perjalanan panggilannya dimulai dengan masuk Seminari Hokeng, kemudian melanjutkan persiapan sebagai calon imam Societas Verbi Divini (SVD). Ia bergabung di SVD dengan masuk Novisiat SVD Ledalero tahun 1985.

Karena cerdas ia dikirim ke Sint Gabriel, Jerman, untuk kuliah Filsafat dan Teologi sampai akhirnya ditahbiskan imam pada 15 Mei 1993. Sesudah ditahbiskan ia bekerja sebagai pastor pembantu Steinhausen, Swiss.

Tahun 1996-2000 Pater Paul Budi melanjutkan studi doktor teologi sistematik di Universitas Albert Ludwiq Freiburg, Jerman. Ia kembali ke Ledalero dan mengajar teologi dan filsafat untuk para frater di Sekolah Tinggi Filsafat-Teologi Ledalero mulai tahun 2001.

Tahun 2005 – 2008 ia menjadi Wakil Provinsial SVD Ende dan beberapa tahun terakhir menjabat sebagai anggota Generalat SVD di Roma hingga terpilih menjadi Superior General SVD.

Dengan terpilihnya ini, Pater Budi Kleden akan memimpin 6005 anggota SVD di seluruh dunia, yang terdiri dari 4185 imam, 528 Bruder kaul kekal, 84 Bruder kaul sementara, 854 frater, 344 frater novis.

Selamat dan sukses untuk Pater Doktor Paul Budi Kleden SVD. Semoga Pater Budi Kleden SVD mampu mendayung Bahtera SVD menuju semua Tepian Misi SVD di seluruh dunia. (R3)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Diduga Sopir Lalai, Avanza Tabrak Apotik Kimia Farma di Kupang

Published

on

Insiden tabrakan mobil Avanza di Apotik Kimia Farma Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Hakim Tolak Eksepsi 7 Terdakwa Kasus Tanah Labuan Bajo

Published

on

Sidang virtual perkara dugaan korupsi pengalihan aset tanah Pemkab Manggarai Barat.
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT Tetapkan Pembeli Tanah Milik Ferdinand Konay sebagai Tersangka

Published

on

SP2HP Penetapan tersangka Pada Melkior oleh Polda NTT. (Screenshot SP2HP)
Continue Reading