Connect with us

UTAMA

30 Peserta Ikut Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

Published

on

Ilustrasi pekerjaan konstruksi (NET)

Kupang, penatimor.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Bina Kontrusksi Kota Kupang menggelar Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Kota Kupang di Hotel Maya, Senin (2/7).

Pelatihan ini berlangsung dari (2–6/7) dengan peserta sabanyak 30 orang.

Hadir Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, Plt. Asisten II Thomas Ga dan Kepala Dinas PUPR Beni Sain.

Wawali Hermanus Man pada kesempatan itu, mengatakan, kegiatan ini memang baru pertama kalinya dilakukan, merupakan bagian dari tugas pemerintah untuk memberikan pelatihan bagi tenaga terampil.

Tugas pemerintah kata dia, ada tiga yaitu pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembangunan infrastruktur, baik itu jembatan, jalan, bendungan maupun infrastruktur lainnya.

“Di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur. Kita juga rasa di kota Kupang,” katanya.

Dia mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur membutuhkan dua tenaga, yaitu tenaga ahli konstruksi dan tenaga terampil.

Tenaga terampil harus ditingkatkan dari waktu ke waktu, juga didukung dengan sertifikat.

“Kami menggelar pelatihan ini, agar masyarakat memiliki keterampilan, terutama dalam mengerjakan proyek-proyek yang ada, termasuk proyek pemerintah,” ujarnya.

Artinya kata Hermanus, agar masyarakat memiliki nilai tawar yang tinggi, karena memiliki sertifikat dan merupakan tenaga terampil. Selain itu, pelatihan ini bertujuan agar semua proyek di Kota Kupang bisa dikerjakan oleh anak asli daerah.

“Diharapkan bukan hanya teori, tetapi juga praktik serta mental. Bekerja bukan hanya untuk mendapat gaji saja. Tetapi bagaimana menghasilkan kualitas pekerjaan yang berkualitas,” terangnya.

Dia mengungkapkan, tenaga tukang bangunan adalah pekerjaan yang penting dan berkontribusi langsung terhadap pembangunan. Untuk itu, keterampilan harus ditingkatkan dan menunjukan kualitas diri.

Sementara Kepala Seksi Bina Konstruksi Dinas PUPR Kota Kupang Iwan K. Julianus, selaku panitia pelaksana pelatihan dalam laporannya, mengatakan, maksud pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas pekerja konstruksi yang berkompeten dan berdaya saing.

Sedangkan tujuan pelatihan, lanjut Julianus, adalah untuk terlaksananya kegiatan pelatihan tenaga terampil konstruksi lingkup Kota Kupang dan tersedianya tenaga terampil konstruksi yang profesional dan memiliki sertifikat ketrampilan.

Julianus menambahkan, out put atau hasil yang diharapkan pasca digelarnya pelatihan yakni, tersedianya tenaga terampil konstruksi jembatan, kerja tukang bangunan, dan gedung yang bersertifikat di Kota Kupang sebanyak 30 orang.

Pembukaan pelatihan diawali dengan penyematan tanda peserta dan helm secara simbolis dari Wakil Wali Kota Kupang Hermmanus Man didampingi Kadis PUPR Kota Kupang Benny Sain kepada dua perwakilan peserta pelatihan. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIFESTYLE & KESEHATAN

HUT Ke-4 Komunitas Kupang Max Owner, Gelar Mubes dan Donor Darah

Published

on

Pengurus Komunitas Kupang Max Owner berpose bersama setelah menggelar konferensi pers di Hotel Naka Kupang, Kamis (14/10/2021).
Continue Reading

EKONOMI

Bantu Ekonomi Masyarakat Saat Pandemi Covid-19, GMIT Hosana Sungkaen Gelar Pasar Rakyat

Published

on

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore didampingi Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Timur, Pdt. Samuel Pandie, S.Th., dan Ketua Tim Penggerak Ekonomi Klasis Kota Kupang Timur, Absalom Sine, memantau stand pasar rakyat Loti K3T.
Continue Reading

HUKRIM

Mantan Karyawati Bank NTT Diamankan Polisi, Diduga Gelapkan Motor di Kupang

Published

on

Terlapor MYN alias Yolan (29) saat diperiksa penyidik Unit Reskrim Polsek Kelapa Lima.
Continue Reading
error: Content is protected !!