Connect with us

EKONOMI

Juni 2018, NTT Alami Inflasi 0,73 Persen

Published

on

Kupang, Penatimor.com – Pada bulan Juni 2018, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami inflasi sebesar 0,73 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 132,93.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Maritje Pattiwaellapia mengatakan, dari dua kota IHK di NTT, Kota Kupang mengalami inflasi sebesar 0,80 persen sedangkan Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

“Di bulan Juni kemarin, selain hari raya ada libur panjang. Ada angin kencang juga, sehingga kapal dilarang untuk berlayar. Hal-hal ini bisa turut mempengaruhi inflasi di NTT,” ungkap Maritje di kantornya, Senin (2/7/2018).

Maritje menjelaskan, inflasi Juni 2018 di Nusa Tenggara Timur terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada seluruh kelompok pengeluaran selain kelompok bahan makanan.

Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi terbesar sebesar 4,22 persen, diikuti oleh kelompok makanan jadi sebesar 0,21 persen.

“Sedangkan Kelompok bahan makanan mengalami penurunan indeks harga sebesar 0,18 persen,” jelasnya.

Pada Juni 2018, kata Maritje, dari 82 kota sampel IHK Nasional, seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tarakan sebesar 2,71 persen dan terendah terjadi di Kota Medan dan Pekanbaru dengan Inflasi sebesar 0,01 persen.

“Ternyata semua kota di Indonesia pada bulan Juni 2018 kemarin tidak ada yang mengalami deflasi, semuanya mengalami inflasi,” paparnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EKONOMI

Ingin Punya Kendaraan Baru Tanpa Uang Muka dan Bunga Kredit 0,4%? Ayo ke Bank NTT

Published

on

Promo layanan kredit kendaraan bermotor dari Bank NTT.
Continue Reading

EKONOMI

Rentetan Prestasi Bank NTT, Bukti Leadership Mumpuni dan PSP sebagai Advisor Unggul

Published

on

DR. James Adam, praktisi ekonomi asal Kupang-NTT.
Continue Reading

EKONOMI

Bank NTT Serahkan Donasi untuk Aldo Lusi, Dirut Alex: Terima Kasih kepada Seluruh Nasabah

Published

on

SERAHKAN. Kadiv Rencorsec & Legal Bank NTT, Endry Wardono atas nama lembaga menyerahkan donasi kepada Aldo Lusi, Senin (23/5/2022) yang diterima mama kandungnya, Mama Paulina Suka. Ikut hadir, Kasubdiv Humas, Treace Dianne Mudin dan Kasubdiv Promosi Korporasi, Egbert Balukh. Aldo Lusi sementara berada di tempat tidur, kondisinya membaik. Foto: HUMAS BANK NTT
Continue Reading
error: Content is protected !!