Connect with us

EKONOMI

Juni 2018, NTT Alami Inflasi 0,73 Persen

Published

on

Kupang, Penatimor.com – Pada bulan Juni 2018, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami inflasi sebesar 0,73 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 132,93.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Maritje Pattiwaellapia mengatakan, dari dua kota IHK di NTT, Kota Kupang mengalami inflasi sebesar 0,80 persen sedangkan Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

“Di bulan Juni kemarin, selain hari raya ada libur panjang. Ada angin kencang juga, sehingga kapal dilarang untuk berlayar. Hal-hal ini bisa turut mempengaruhi inflasi di NTT,” ungkap Maritje di kantornya, Senin (2/7/2018).

Maritje menjelaskan, inflasi Juni 2018 di Nusa Tenggara Timur terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada seluruh kelompok pengeluaran selain kelompok bahan makanan.

Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi terbesar sebesar 4,22 persen, diikuti oleh kelompok makanan jadi sebesar 0,21 persen.

“Sedangkan Kelompok bahan makanan mengalami penurunan indeks harga sebesar 0,18 persen,” jelasnya.

Pada Juni 2018, kata Maritje, dari 82 kota sampel IHK Nasional, seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tarakan sebesar 2,71 persen dan terendah terjadi di Kota Medan dan Pekanbaru dengan Inflasi sebesar 0,01 persen.

“Ternyata semua kota di Indonesia pada bulan Juni 2018 kemarin tidak ada yang mengalami deflasi, semuanya mengalami inflasi,” paparnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Pimpinan SMMF Cabang Sikka Apresiasi Putusan MK, Terkait Eksekusi Jaminan Fidusia

Published

on

Pimpinan Sinarmas Multifinance Cabang Sikka, Christ B.M. Johannis, SH.
Continue Reading

EKONOMI

Terobosan Spektakuler Bank NTT Menuju Super Smart Bank, Wali Kota: Terima Kasih Pak Alex!

Published

on

JELASKAN. Dirut Bank NTT Harry Alex Riwu Kaho, saat menjelaskan ke Wali Kota Kupang Jefirstson Riwu Kore tentang layanan smart branch Bank NTT KCU Kupang, Rabu (15/9/2021) siang tadi. Hadir Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT I Nyoman Ariawan Atmaja, Wakil Kepala OJK NTT Setia Ariyanto, Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, serta sejumlah mitra. Hadir pula Komisaris Independen Bank NTT Samuel Djoh Despasianus. (Foto: Stenly Boymau/Humas Bank NTT)
Continue Reading

EKONOMI

PT ASABRI Gandeng Bank Mandiri Taspen Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kupang

Published

on

PT ASABRI (Persero) bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri Taspen dan Dinas Kesehatan Kota Kupang melakukan vaksinasi Covid-19.
Continue Reading
error: Content is protected !!