Connect with us

POLKAM

Fraksi NasDem Desak Pemerintah NTT Tingkatkan Pendapatan Daerah

Published

on

Foto: IST

Kupang, Penatimor.com – Fraksi Partai NasDem mendesak Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meningkatan pendapatan daerah dari sumber-sumber pendapatan yang potensial untuk mendukung kenaikan akan pendapatan.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Fraksi Partai NasDem DPRD NTT, Johanes Rain Tukan dalam rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi, terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Provinsi NTT TA 2017, Jumat (29/6/2018).

Menurut Fraksi Partai NasDem bahwa pendapatan daerah seharusnya bisa melebihi apa yang telah dicapai, apabila pemerintah melakukan upaya-upaya intensifikasi dan ekstensifikasi.

“Termasuk menerapkan sistem aplikasi samsat on line, memperbaiki perencanaan, memberikan insentif terhadap pengelola pendapatan daerah yang berkinerja tinggi dan melebihi target serta menyediakan fasilitas pendukung yang memadai,” ujar Tukan.

Bercermin dari pelaksanaan APBD 2017 dan APBD Tahun Anggaran sebelumnya yang mempengaruhi besaran SILPA, Fraksi Partai NasDem mengingatkan pemerintah untuk meningkatkan kinerja kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), karena persentase besaran SILPA mencerminkan kinerja kerja pemerintah yang harus diperbaiki.

Terkait belanja daerah, Tukan mengatakan, mencermati postur Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017, bahwa target belanja modal baru mencapai kurang lebih Rp. 605,402 milyar lebih (12 %), sedangkan realisasinya hanya sebesar Rp. 482,924 milyar lebih (10,2 %).

“Oleh karena itu, Fraksi Partai NasDem meminta pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan belanja modal di tahun anggaran berikutnya,” katanya.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan dan derajat kesehatan di Provinsi NTT maka Fraksi Partai NasDem mendorong Pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan belanja daerah bidang pendidikan dan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sedangkan belanja barang dan jasa perlu dirasionalisasi dalam batas-batas kewajaran dan kepatutan,” tandasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Pilkada Aman, Kapolda NTT Beri Apresiasi, Imbau Warga Bijak Bermedsos

Published

on

Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif memberikan keterangan kepada wartawan di lobi lantai 1 Mapolda, Kamis (10/12/2020) pagi tadi.
Continue Reading

PILKADA

APMS dan Kelompok Pengecer BBM di Sabu Raijua Dukung Pilkada Damai, Hindari Hoax dan Isu SARA

Published

on

Agen Premium Minyak Solar (APMS) dan kelompok pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Sabu Raijua mendukung pemilihan kepada daerah (Pilkada) Damai pada 9 Desember 2020 mendatang.
Continue Reading

POLKAM

GP Ansor Kupang Ajak Kaum Muda Jaga Kamtibmas, Wujudkan Pilkada Damai

Published

on

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kupang mengajak seluruh generasi muda agar bersama menjaga persatuan dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif.
Continue Reading