Connect with us

UTAMA

PPA Elpido Periksa Kesehatan 400 Anak di Bolok

Published

on

Ilustrasi tenaga kesehatan (NET)

Kupang, penatimor.com — Pusat Pengembangan Anak (PPA) Elpido melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 400 anak di Gereja Eklesia Bolok, Selasa (12/6).

Pemeriksaan ini hanya bagi anak usia 3 sampai 18 tahun.

Pemeriksaan dilakukan oleh dua dokter umum, tiga dokter gigi, perawat dan tenaga farmasi.

Pemeriksaan ini juga dilakukan bagi anak-anak PPA yang terdaftar dan berasal dari latar belakang kurang mampu.

Salah satu dokter yang menangani pemeriksaan, dr. Sartje Nubatonis, mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi 400 anak ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam setahun.

Dia katakan, pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan gigi oleh dokter spesialis, dan jika ditemukan ada yang darurat maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit.

“Paling banyak kami temui adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan penyakit kulit. Kami memeriksa dan memberikan obat. Karena jumlah anak yang terdaftar sebanyak 400 anak, maka pemeriksaan dibagi tiga hari, per harinya kami bisa memeriksa ratusan anak,” kata dr. Sartje.

Dia menjelaskan, selain pemeriksaan kesehatan, anak-anak juga dibimbing dalam pendalaman Alkitab dan pembelajaran rohani yang dilakukan oleh petugas yang bertanggung jawab.

“Ada banyak kegiatan yang dilakukan. Kami sebagai tim dokter PPA Elpido hanya bertanggung jawab untuk memeriksa kesehatan anak saja,” terangnya.

Dijelaskan, dokter-dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan anak ini, adalah drg. Rahmatya Djou, drg. Febi Siampa, drg. Rima Tallo, dr. Diana Nubatonis dan dr. Sartje Nubatonis.

Sementara itu, drg. Rima Tallo menjelaskan, PPA Elpido memiliki banyak program pengembangan anak dan remaja. Di antaranya pengembangan keterampilan menenun, bengkel, salon, memelihara ternak dan lainnya, juga ada pengembangan keahlian bermain alat musik sasando.

“Kurikulum yang digunakan menggunakan empat aspek utama, yaitu sosio emosional, fisik, spiritual dan kognitif. Ada juga pengembangan keahlian di bidang salon dan fotografer,” jelas drg. Rima Tallo.

Ditambahkan, PPA Elpido berdiri sejak tahun 2008 berpusat di Colorado Amerika Serikat. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Halangi Pembentukan Serikat Pekerja, Pengusaha Bisa Dipidana, Ancaman 5 Tahun Penjara, Denda Rp 500 Juta

Published

on

Peserta hybrid training penguatan kapasitas pemimpin muda serikat di tengah pandemi Covid-19 berpose bersama di Aula Hotel GreeNia Kupang, Sabtu (18/9/2021) petang.
Continue Reading

NASIONAL

Dorong Karya Jurnalistik Lawan Korupsi, ICW Menyelenggarakan AKJA Regional NTT

Published

on

Tibiko Zabar dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Palce Amalo dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

AJI Latih Jurnalis di Kupang, Perkuat Kapasitas Pemimpin Muda Serikat Media Saat Pandemi Covid-19

Published

on

Pelatihan penguatan kapasitas pemimpin muda serikat media di tengah pandemi Covid-19 di GreeNia Hotel Kupang, Jumat (17/9/2021).
Continue Reading
error: Content is protected !!