Connect with us

SOSBUD

PKK Kota Kupang Gencar Promosi Tenun Ikat Motif Bunga Sepe

Published

on

Hilda Riwu Kore-Manafe

Kupang, penatimor.com — Motif bunga Sepe dirancangkan untuk menjadi ikon Kota Kupang.

“Jika motif tenun Kabupaten Sumba adalah Kuda, maka Kota Kupang adalah motif bunga Sepe. Kami sementara merancangkan ini dan membina kelompok-kelompok tenun untuk bisa menenun motif Sepe serta merancangkannya menjadi suatu motif yang bisa dijadikan ikon Kota Kupang,” kata Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kupang Hilda Riwu Kore-Manafe.

Hilda menjelaskan, beberapa waktu lalu TP PKK telah mengadakan lomba desain motif Sepe untuk dijadikan sebagai motif yang akan digunakan.

Lomba ini melibatkan para seniman di Kota Kupang, dengan peserta yang merupakan generasi muda Kota Kupang yang berbakat.

“Beberapa waktu lalu kami sudah adakan lomba desain motif bunga Sepe. Dan sudah ada beberapa model yang bagus dan menarik yang akan kami gunakan. Lomba desain beberapa waktu lalu itu melibatkan banyak generasi muda Kota Kupang yang berbakat. Kami melihat bahwa anak muda di Kota Kupang sangat luar biasa. Untuk itu kami libatkan mereka dalam program ini,” ungkapnya.

Hilda mengaku, motif Sepe akan dipamerkan pada saat perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Untuk mewujudkan ini, lanjut dia, tentu membutuhkan kerja sama semua pihak, diantaranya kelompok tenun di Kota Kupang, masyarakat dan pemerintah.

“Kami ingin Kota Kupang memiliki motif tenun sendiri dengan motif bunga Sepe dan dapat dijadikan sebagai ikon Kota. Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan ini masih banyak proses yang harus dilalui, tetapi kami optimis semua akan berjalan lancar sampai pada perayaan HUT RI nanti,” ungkapnya.

Dia mengungkapan, setelah mendapatkan motif bunga Sepe, TP PKK akan membina kelompok tenun untuk mulai menuangkannya dalam tenunan.

“Selain mendapat motif tenun bunga Sepe, program ini juga sebagai program untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat terutama untuk kaum perempuan,” kata Hilda.

Untuk itu, lanjut Hilda, TP PKK akan terus melakukan bimbingan terhadap kelompok penenun di Kota Kupang agar mendapatkan motif tenun Sepe yang sesuai dan indah, juga untuk memberdayakan keterampilan yang dimiliki kaum perempuan di Kota Kupang. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOSBUD

124 KK Korban Badai Seroja di Kabupaten Kupang Terima Bantuan Rumah

Published

on

BANTUAN HUNTAP. Bantuan hunian tetap untuk menjadi korban bencana badai siklon Seroja di Desa Saukibe, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

INTERNASIONAL

Pakai Busana Tenunan Alor dan Amarasi, Putra-Putri SBD Raih Prestasi di Malaysia

Published

on

BERSAMA. Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda NTT saat berpose bersama Ayu Munandar Alam dan Franklin Rudolf Kalumbang, Miss dan Mr. Petite Global.
Continue Reading

SOSBUD

Wisata Rohani Flores-Lembata, Kaum Bapak GMIT Temui Uskup Agung Ende

Published

on

BERSAMA. Rombongan PKBS GMIT, Majelis Klasis Flores, Majelis Jemaat GMIT Syalom Ende, dan Korda Flores-Flores Barat PKBS foto bersama Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota di tangga depan Istana Keuskupan Agung Ende.
Continue Reading
error: Content is protected !!