Connect with us

UTAMA

Libur, 11 Puskesmas di Kota Kupang Buka Posko Pelayanan

Published

on

dr. Ari Wijana

Kupang, penatimor.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyaakat melalui 11 puskesmas yang ada.

Peningkatan pelayanan selalu dilakukan demi terwujudnya masyarakat Kota Kupang hidup sehat.

Untuk itu, salah satu upaya yang selalu dilakukan yaitu dengan membuka posko pelayanan kesehatan di 11 puskesmas selama libur.

Kepala Dinkes Kota Kupang, dr. Ari Wijana, saat diwawancarai, Jumat (16/6, mengatakan, untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada masa libur, pihaknya melalui 11 puskesmas yang ada, membuka posko pelayanan di puskesmas masing-masing.

“Kami mulai buka jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Kami melayani pasien seperti biasa. Kami hanya tutup pada tanggal merah saja. Pada dasarnya adalah pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan selama libur,” katanya.

Menurut dr Ari, masalah kesehatan tidak mengenal libur dan lainnya. Untuk itu, pelayanan kesehatan harus tetap siaga, tanpa mengenal waktu libur dan istilah lainnya.

“Pada dasarnya adalah pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan. Tugas utama tenaga kesehatan adalah melayani masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di puskesmas, Dinkes tidak hanya membuka pelayanan medis di puskesmas saja, tetapi juga terus mensosialisasikan langsung di masyarakat.

“Melalui petugas program kesehatan masyarakat yang ada di setiap puskesmas, kami terus ajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain itu kata Ari, puskesmas membuka posko pelayanan selama libur sudah bekerja sama dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), sehingga masyarakat yang emergancy bisa langsung dirujuk ke rumah sakit, dan jika dibutuhkan tindakan lainnya.

Pada dasarnya pelayanan kesehatan yang diberikan sama seperti hari kerja biasanya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak BPJS. Sehingga pelayanan kesehatan selama libur benar-benar maksimal. Tidak ada perbedaan antara pelayanan masa libur dan hari biasa lainnya,” terangnya.

Dia mengungkapkan, puskesmas buka posko pelayanan selama masa libur memang selalu dilakukan saat masa libur. Misalnya libur Natal, Paskah, Idul Fitri dan hari libur lainnya.

“Kami hanya libur saat tanggal merah saja. Selain itu kami tetap membuka pelayanan. Hanya jam operasional saja yang berkurang, pada masa libur kami buka posko pelayanan tiga sampai empat jam sehari,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UTAMA

Kejari Lembata Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam

Published

on

Kajari Lembata, Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., dan jajarannya berpose bersama sebelum menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam di Kabupaten Lembata.
Continue Reading

POLKAM

Anita Gah Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kupang

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI asal Dapil NTT 2, Anita Jacoba Gah, melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Desa Kuenheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Petani di Malaka Tewas Diterkam Buaya di Sungai Benanain

Published

on

Waka Polres Malaka, Kompol Ketut Saba.
Continue Reading