Connect with us

HUKRIM

Belum Lengkap, Jaksa Kembalikan Berkas Ranti Kore Cs dengan Petunjuk

Published

on

Henderina Malo

Kupang, penatimor.com – Tim penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota telah merampungkan berkas perkara empat tersangka kasus penculikan balita Richard Edgar Mantolas, 4.

Empat tersangka kasus penculikan putra sulung dari Kasi Pidsus Kejari TTU Kundrat Mantolas tersebut adalah Thomas Valentino Kore alias Tom, Prantiana Kore alias Ranti, Christian Nahas alias Chris dan Simson Rassi alias Ical Bogen.

Penyidik bahkan telah melimpahkan berkas perkara para tersangka ke jaksa peneliti di Seksi Pidum Kejari Kota Kupang.

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, AKP Pinten Bagus Satrianing Budi saat dikonfirmasi, membenarkan.

“Ya, kita sudah limpahkan berkas perkara untuk tahap pertama ke jaksa untuk diteliti,” kata Pinten.

Menurut perwira dengan pangkat tiga balok di pundak itu, pihaknya akan berusaha merampungkan berkas perkara para tersangka hingga ditetapkan lengkap (P-21) oleh jaksa.

Terpisah, Kasi Pidum Kejari Kota Kupang Henderina Malo yang dikonfirmasi koran ini, juga membenarkan pelimpahan berkas perkara para tersangka dimaksud.

”Kita sudah terima pelimpahan tahap satu berkas perkara tersangka perkara penculikan anak dari penyidik Polres Kupang Kota pada tanggal 6 Juni. Setelah diteliti ditetapkan belum lengkap. Berkas perkara sudah dikembalikan ke penyidik dengan petunjuk untuk dilengkapi (P-19),” kata Henderina.

Para tersangka dikenakan Pasal 76F UU Nomor 35 Tahun 2014, setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan penculikan, penjualan, dan/atau perdagangan Anak.

Ketentuan Pasal 83 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut: Pasal 83 UU Nomor 35 Tahun 2014, setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76F dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun dan denda paling sedikit Rp 60 juta dan paling banyak Rp 300 juta. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Gandeng “Kaka Duki”, Kejari TTU Beri Penerangan Hukum Lewat Video Literasi

Published

on

Salah satu adegan dalam video literasi yang dibuat Kejari TTU bersama komedian Kaka Duki dalam rangka memberikan penerangan hukum kepada masyarakat. Foto: Tangkapan Layar
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT dan Polres Jajaran Tindak Tegas Aksi Premanisme di Terminal dan Pelabuhan

Published

on

Tim kepolisian melakukan pemantauan di terminal peti kemas Pelabuhan Tenau, Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Begal Payudara di Kupang, Pemuda Asal TTS Terancam 9 Tahun Penjara

Published

on

Pelaku begal payudara ketika diamankan di Mapolsek Kelapa Lima. (Foto: Istimewa)
Continue Reading