Connect with us

EKONOMI

Pemkot Kupang Rencana Bangun Pasar Modern di Bimoku

Published

on

Ilustrasi pasar modern (NET)

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana membangun satu pasar modern di kawasan terminal tipe A di Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima.

“Kami berencana membangun satu pasar modern di Bimoku, setelah sebagian aset tanah milik Pemerintah Kota Kupang diserahkan kepada Kementerian Perhubungan sebagai lokasi terminal angkutan umum tipe A di NTT,” kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man.

Hermanus menjelaskan hal itu terkait kompensasi yang diperoleh pemerintah Kota Kupang, setelah mengalihan aset tanah seluas 3,2 hektar di Bimoku kepada Kementerian Perhubungan untuk terminal angkutan umum tipe A.

Ia mengatakan, penyerahan aset tanah itu tidak diikuti dengan  pemberian kompensasi dari pemerintah pusat.

Kendati demikian kata Hermnus, Kota Kupang akan mendapat keuntungan dari adanya sumber pertumbuhan ekonomi baru setelah terminal angkutan umum itu beroperasi.

“Kami tidak meminta kompensasi dari Kementerian Perhubungan. Pemerintah Kota Kupang akan mendapatkan keuntungan berupa adanya pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat sehingga menjadi sumber pendapatan asli baru bagi daerah ini,” kata Hermanus.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kota Kupang optimistis ekonomi masyarakat di Bimoku akan bergerak cepat setelah terminal tipe A itu beroperasi.

Pemkot Kupang masih memiliki tanah seluas 1,5 hektar di Bimoko untuk pembangunan pasar modern nantinya.

Hermanus mengatakan, aktivitas bongkar muat penumpang menuju beberapa kabupaten di Pulau Timor semuanya akan dikonsentrasikan di Terminal Bimoku, sehingga transaksi ekonomi di kawasan itu menjadi ramai.

“Selain itu Terminal Tipe A juga akan menjadi pintu masuk angkutan umun dari luar daerah sehingga akan mengurangi kemacetan. Kami sangat menyambut baik pembangunan terminal ini,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Bantu Warga Korban Bencana, BRI Kalabahi Beri Keringanan Kredit Usaha

Published

on

Kepala Cabang BRI Kalabahi, Ferdi Yosua.
Continue Reading

EKONOMI

Pasca Sidak, Hotel Inaya Bay Komodo Lunasi Tunggakan Pajak Rp 1,4 Miliar

Published

on

Pemasangan peringatan menunggak pajak di pelataran Hotel Inaya Labuan Bajo oleh Pemda yang disaksikan KPK pada Sabtu, 10 April 2021 yang lalu.
Continue Reading

EKONOMI

Polda NTT Tindak Tegas Penjual BBM Eceran yang Naikan Harga Tidak Wajar

Published

on

Dirkrimsus Polda NTT, Kombes Pol. Johanes Bangun ketika diwawancara media ini, Rabu (7/4/2021) petang.
Continue Reading