Connect with us

EKONOMI

Pemkot Kupang Rencana Bangun Pasar Modern di Bimoku

Published

on

Ilustrasi pasar modern (NET)

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana membangun satu pasar modern di kawasan terminal tipe A di Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima.

“Kami berencana membangun satu pasar modern di Bimoku, setelah sebagian aset tanah milik Pemerintah Kota Kupang diserahkan kepada Kementerian Perhubungan sebagai lokasi terminal angkutan umum tipe A di NTT,” kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man.

Hermanus menjelaskan hal itu terkait kompensasi yang diperoleh pemerintah Kota Kupang, setelah mengalihan aset tanah seluas 3,2 hektar di Bimoku kepada Kementerian Perhubungan untuk terminal angkutan umum tipe A.

Ia mengatakan, penyerahan aset tanah itu tidak diikuti dengan  pemberian kompensasi dari pemerintah pusat.

Kendati demikian kata Hermnus, Kota Kupang akan mendapat keuntungan dari adanya sumber pertumbuhan ekonomi baru setelah terminal angkutan umum itu beroperasi.

“Kami tidak meminta kompensasi dari Kementerian Perhubungan. Pemerintah Kota Kupang akan mendapatkan keuntungan berupa adanya pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat sehingga menjadi sumber pendapatan asli baru bagi daerah ini,” kata Hermanus.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kota Kupang optimistis ekonomi masyarakat di Bimoku akan bergerak cepat setelah terminal tipe A itu beroperasi.

Pemkot Kupang masih memiliki tanah seluas 1,5 hektar di Bimoko untuk pembangunan pasar modern nantinya.

Hermanus mengatakan, aktivitas bongkar muat penumpang menuju beberapa kabupaten di Pulau Timor semuanya akan dikonsentrasikan di Terminal Bimoku, sehingga transaksi ekonomi di kawasan itu menjadi ramai.

“Selain itu Terminal Tipe A juga akan menjadi pintu masuk angkutan umun dari luar daerah sehingga akan mengurangi kemacetan. Kami sangat menyambut baik pembangunan terminal ini,” pungkasnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Merdeka-kan Petani NTT dengan Teknologi

Published

on

Kebun contoh Power Agro Indonesia di wilayah NTT.
Continue Reading

EKONOMI

PT NMK Cabang Belu Siap Penuhi Tuntutan 13 Karyawan yang DiPHK

Published

on

Kuasa Hukum PT NMK Cabang Belu, Yosep Martua Ganda Pangaribuan.
Continue Reading

EKONOMI

Gubernur VBL Minta Dispar Desain Pariwisata yang Inklusif di Alor

Published

on

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.
Continue Reading
loading...