Connect with us

HUKRIM

KY Ajak Masyarakat Awasi Perilaku Hakim

Published

on

Rudolfus Talan

Kupang, penatimor.com – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Wilayah NTT menggelar workshop bagi masyarakat terkait perannya dalam meningkatkan efektivitas pengawasan perilaku hakim.

Koordinator PKY Wilayah NTT Rudolfus Tallan yang diwawancarai, Rabu (25/4), mengatakan, workshop tersebut bakal lebih membahas salah satu tugas KY dalam menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

“Dalam konteks ini KY mempunyai tugas menerima laporan dari masyarakat berkaitan dengan pelanggaran kode etik dan atau pedoman perilaku hakim,” kata Rudolfus.

“Workshop akan digelar di Hotel Aston Kupang pada Kamis (26/4) melibatkan 40 peserta,” lanjut dia.

Para peserta meliputi Ombudsman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPA) Provinsi NTT, DPPA Kota Kupang, Biro Hukum Setda NTT dan Bagian Hukum Pemkot Kupang, pimpinan organisasi advokat, dan para Dekan Fakultas Hukum dan senat beberapa universitas di Kota Kupang.

“Kita juga libatkan media massa, pimpinan organisasi mahasiswa dan LSM di Kota Kupang, termasuk para ahli dan pengamat hukum,” sebut dia.

Rudolfus melanjutkan, workshop akan dibuka Kepala Bagian Pengolahan Laporan Masyarakat, dan dilanjutkan dengan paparan pemateri.

Ada beberapa narasumber dalam workshop nanti yaitu, Dr. Jaja Ahmad Jayus selaku Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi.

Dimoderatori dirinya, Rudolfus katakan Jaja akan membawakan materi dengan topik sinergitas peran KY dan masyarakat sipil dalam mewujudkan peradilan bersih.

“Ada juga Imran dan Lina Maryani yang memaparkan tentang teknis tata cara pengaduan secara langsung maupun online. Sedangkan pemateri terakhir adalah Elza Faiz dan M. Ray Leonard yang memaparkan materi tentang teknis verifikasi laporan masyarakat dan e- verifikasi,” sebut Rudolfus. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Sidang Jonas Salean, JPU Dinilai Belum Bisa Buktikan Status Kepemilikan Tanah

Published

on

Tim Penasehat Hukum terdakwa Jonas Salean memberikan keterangan kepada awak media di Pengadilan Tipikor Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Gegara Judi Kupon Putih, Kakek 77 Tahun di Kupang Tikam Bandar hingga Sekarat

Published

on

Kapolsek Oebobo AKP Magdalena G. Mere.
Continue Reading

HUKRIM

Enam Pejabat Pemkot Kupang jadi Saksi di Sidang Perkara Jonas Salean

Published

on

Enam orang saksi diambil sumpah sebelum diperiksa di sidang Pengadilan Tipikor Kupang.
Continue Reading