Connect with us

POLKAM

KPU Kota Kupang Dorong Partisipasi Pemilu Lewat Pagelaran Seni dan Budaya

Published

on

Tari Soka Toja ditampilkan oleh guru-guru SMA Negeri 1 Kupang yang tergabung dalam Handayani Group

Kupang, penatimor.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menggelar sosialisasi menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2019 melalui pagelaran seni budaya. Acara yang digelar di Taman Nostalgia, bertepatan dengan momen peringatan Hari Kartini, Sabtu (21/4/2018).

Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan gelar seni budaya tersebut, sebagai upaya mengingatkan masyarakat bahwa pada 17 April 2019 mendatang akan digelar Pemilu serentak.

“Pagelaran seni dan budaya merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula dalam Pemilu 2019,” kata Marianus.

Menurut Marianus, kegiatan ini melibatkan masyarakat dari berbagai unsur baik partai politik, organisasi pemuda, komunitas, LSM, serta siswa SMA dan SMK yang merupakan pemilih pemula, untuk mengetahui tahapan pemilu.

“Dari pemilu ke pemilu sejak tahun pemilu 2009 hingga 2017, tingkat partisipasi pemilih di Kota Kupang hanya sekitar 60 sampai 70 persen. Kota Kupang belum bisa mencapai target secara nasional yaitu 75 persen,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, sesuai data pemilih saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Kupang 2017, pemilih sebanyak 235.625 orang, namun yang memilih hanya sebesar 70 persen atau sejumlah 164.938 orang.

“Data tersebut menunjukkan minimnya tingkat partisipasi pemilih di tiap pegelaran pemilu, atau sebanyak sekitar 30 persen tidak menggunakan hak pilihnya,” sebut Marianus.

Dia menyatakan, banyak pihak beranggapan atau menilai bahwa KPU belum maksimal dalam melakukan sosialisasi atau penyadaran melalui pendidikan pemilu. Namun, sesungguhnya berbagai sosialisasi telah dilakukan.

“Pada Mei 2017 lalu, saat Pilkada Kota Kupang, berbagai sosialisasi dilakukan yang dimulai dengan launching pemilu. Bahkan secara nasional, KPU juga melakukan gerak jalan sadar pemilu, dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu,” ujarnya.

Sosialisasi menyongsong satu tahun penyelengaraan Pemilu 2019 dipusatkan di kawasan Gong Perdamaian, Taman Nostalgia berupa agelaran seni dan budaya, menampikan sejumlah tarian daerah NTT, stand up komedi pemilu, monolog pemilu sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PILKADA

APMS dan Kelompok Pengecer BBM di Sabu Raijua Dukung Pilkada Damai, Hindari Hoax dan Isu SARA

Published

on

Agen Premium Minyak Solar (APMS) dan kelompok pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Sabu Raijua mendukung pemilihan kepada daerah (Pilkada) Damai pada 9 Desember 2020 mendatang.
Continue Reading

POLKAM

GP Ansor Kupang Ajak Kaum Muda Jaga Kamtibmas, Wujudkan Pilkada Damai

Published

on

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kupang mengajak seluruh generasi muda agar bersama menjaga persatuan dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif.
Continue Reading

NASIONAL

TPDI Minta Jokowi Tidak Obral Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan

Published

on

Petrus Salestinus
Continue Reading