Connect with us

POLKAM

Penghargaan Tingkat Provinsi untuk Kabupaten dan Kota di NTT

Published

on

Foto bersama penerima penghargaan tingkat Provinsi NTT

Kupang, penatimor.com – Sejumlah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi. Penghargaan ini dinerikan kepada pemerintah kabupaten/ kota yang dibagi dalam beberapa kategori.

Penghargaan itu diserahkan bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Provinsi NTT 2018, yang diselenggarakan di Kupang, Kamis (19/4/2018).

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengatakan, berkat kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin selama ini, banyak hasil yang telah dicapai. Dalam bidang perekonomian, pertumbuhan ekonomi NTT selama empat tahun terakhir selalu berada di atas rata-rata nasional.

“Tahun 2017, pertumbuhan ekonomi kita berada di angka 5,16 persen di atas rata-rata nasional senilai 5,07 persen. Kualitas pertumbuhan ekonomi juga sangat baik dengan rasio gini atau ketimpangan pendapatan 0,32 persen, di bawah rasio nasional sebesar  0,39 persen,” ungkapnya.

Inflasi NTT Tahun 2017 adalah 2 persen, di bawah rata-rata nasional yang berada pada angka 3,61 persen. “Indikator-indikator ini memperlihatkan fundamen ekonomi daerah kita semakin kuat,” kata Lebu Raya.

Lebih lanjut Gubernur  mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut telah diikuti dengan pertumbuhan sentra komoditas strategis nasional.

“NTT masuk dalam sentra jagung nasional urutan kedelapan, padi urutan kelima belas, ternak sapi urutan kelima, produksi perikanan urutan kesepuluh dan produksi rumput laut urutan kedua,” jelasnya.

Lebu Raya juga mengingatkan, berbagai tantangan yang masih dihadapi Provinsi NTT ke depan. Diantaranya, persentasi penduduk miskin, kualitas sumberdaya manusia, infrastruktur, fasilitas pelayananan dasar, akses ke dalam dan ke luar wilayah.

“Kita harus tetap membangun optimisme untuk bersama-sama mengatasi berbagai tantangan ini. Kita juga mesti terus membangun kerja sama dengan berbagai lembaga dan investor,” tandas Lebu Raya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan beberapa penghargaan tingkat Provinsi NTT. Untuk penghargaan kategori penduduk miskin terendah diberikan kepada Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur dan Sikka. Kategori populasi ternak tertinggi untuk Kabupaten Kupang, TTS dan TTU.

Kategori kunjungan wisatawan tertinggi diperoleh Kabupaten Manggarai Barat, Ende dan Belu. Untuk kategori luas tanam dan produksi jagung diberikan untuk Kabupaten TTS, Sumba Barat Daya dan TTU. Kategori Perikanan Tangkap Tertinggi bagi Kabupaten  Alor, Flores Timur dan Sikka. Kategori poduksi budidaya perikanan untuk Kabupaten Kupang, Alor dan Flores Timur.

Untuk penghargaan dengan kategori penurunan prestasi angka kemiskinan tahun 2012- 2018 diberikan kepada Kota Kupang, Flores Timur dan Sikka. Kategori Pembangunan Daerah Tahun 2018 diberikan kepada Kabupaten Ende, Nagekeo, Flores Timur dan Kota Kupang.

Sementara itu, untuk kategori Pengembalian Dana Desa Mandiri Anggur Merah Tertinggi untuk Kabupaten Flores Timur,  Ende, Sikka, Lembata dan Kabupaten Kupang. Sedangkan, untuk kategori Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik un Kabupaten Sumba Timur, Sikka, Alor, TTU dan Manggarai Timur. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLKAM

Anita Gah Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kupang

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI asal Dapil NTT 2, Anita Jacoba Gah, melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Desa Kuenheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

NASIONAL

Kapolri Berkunjung ke NTT Saat Jumat Agung

Published

on

Penyambutan Kapolri di Bandara El Tari Kupang, Jumat (2/4/2021) malam.
Continue Reading

NASIONAL

Umat Kristen dan Muslim di NTT Kutuk Keras Aksi Bom di Makassar

Published

on

Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Pdt Dr Merry Kolimon.
Continue Reading