Connect with us

UTAMA

Jeriko Komit Tuntaskan Jalan Belum Beraspal

Published

on

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore (Foto: NET)

Kupang, penatimor.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, memproyeksikan selama 3 tahun ke depan semua jalan yang belum beraspal sudah selesai dikerjakan.

“Untuk proyeksi pembangunan jalan, selama tiga tahun ke depan akan dibangun dalam tiga tahap, dengan persentasi 30 persen tahun 2019, 30 persen tahun 2020 dan 40 persen tahun 2021,” sebut Wali Kota yang akrab disapa Jeriko tersebut.

Untuk merealisasikan proyeksi tersebut, Jefri mengaku Pemkot saat ini tengah mencari solusi pembiayaan, disamping menggunakan DAK dan DAU.

Untuk tahun 2018 kata Jefri, Pemkot memproyeksikan untuk pembangunan jalan-jalan membutuhkan pembiayaan sekira Rp 80 miliar lebih.

Untuk itu, Pemkot tengah menginventarisir jalan-jalan yang diakses utama oleh masyarakat dari semua kelurahan.

“Jadi diprioritaskan jalan-jalan yang merupakan akses utama dan benar-benar perlu mendapat perhatian,” kata Jefri.

Bekas anggota DPR RI dua periode itu melanjutkan, walau sudah ada alokasi anggaran di DAU, namun Pemkot juga tetap mencari solusi lain yaitu pembiayaan aspal yang lebih murah dan berkualitas.

“Kalau biasanya hotmix itu harga Rp 3,7 miliar, kita cari yang bukan hotmix tapi lebih bagus dari lapen (lapisan penetrasi) tapi nilainya sekitar Rp 1 miliar lebih atau setengah dari harga hotmix,” kata dia.

Terkait rencana menggunakan bahan pembangunan jalan bukan hotmix tersebut, Jefri katakan pihaknya juga sudah bertemu dengan salah satu perusahan di Madura dan sudah melihat contoh produk perusahan tersebut.

Selain itu, lanjut Jefri, pihaknya juga masih menunggu konfirmasi perusahan yang memproduksi bahan serupa dari Australia.

“Perusahan dari Australia ini mau datang untuk demonstrasi produk. Tapi saya mau pastikan selama tiga tahun ke depan sudah selesai semua jalan utama yang belum beraspal,” kata Jefri lagi.

Selain pembangunan dan perbaikan jalan, Jefri katakan hal utama lainnya yang juga menjadi prioritas adalah membuat master drainase, pembangunan trotoar dan pemasangan lampu jalan. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UTAMA

Polres Lembata Bantu Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Ile Lewotolok

Published

on

Personel Polres Lembata mengevakuasi warga terdampak erupsi gunung Ile Lewotolok, Minggu (29/11/2020).
Continue Reading

UTAMA

Dihujani Abu Vulkanik Ile Lewotolok, Bandara Wunopito Ditutup

Published

on

Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Minggu (29/11/2020).
Continue Reading

UTAMA

Erupsi Ile Lewotolok, Pemkab Lembata Evakuasi Warga

Published

on

Gunung Ile Lewotolok mengeluarkan asap tebal akibat erupsi, Minggu (29/11/2020).
Continue Reading