Connect with us

SOSBUD

IKBB Saroha NTT Gelar Natal Oikumene dan Pelantikan Pengurus Baru

Published

on

Ketua Umum IKBB Saroha Hery Leo Sianturi, M.Si., didampingi oleh Sekretaris Umum IKBB Saroha Dr. Jonnery Bukit, Dewan Penasihat Pdt. B.W. Panggabean, SE.,M.Div., dan Dr. Rusman Sinaga sebagai Ketua Pelaksana serta pengurus lainnya di Sekretariat IKBB Saroha NTT, Jl. Sam Ratulangi, Kamis (10/1).

Kupang, penatimor.com – Ikatan Keluarga Besar Batak (IKBB) Saroha NTT bakal menggelar perayaan Natal Oikumene dan pelantikan Pengurus IKBB Saroha NTT periode 2018-2022.

Kegiatan yang bakal dilaksanakan pada Sabtu (12/1) di Ballroom Grand Mutiara, JI. Timor Raya No. 118 Pasir Panjang Kelapa Kupang itu, sebagai upaya mempererat tali persaudaraan dan saling memaafkan sesama anggota dan pengurus IKBB Saroha NTT.

“Acara ini akan dimulai dari pukul 10.30 sampai selesai. Akan dihadiri sekitar 3.000 orang Batak yang tersebar di seluruh wilayah NTT, khususnya di Kota Kupang dan wilayah sekitarnya,” kata Dr. Rusman Sinaga sebagai Ketua Pelaksana kegiatan tersebut di Sekretariat IKBB Saroha NTT, Jl. Sam Ratulangi, Kamis (10/1).

Rusman Sinaga yang juga Pengurus Harian IKBB Saroha NTT, melanjutkan, Pengurus IKBB Saroha NTT periode 2018-2022 yang akan dilantik berjumlah 66 orang.

Sementara, anggota IKBB Saroha NTT yang diundang terdiri dari 29 Punguan Marga Batak yang ada di NTT.

Dalam Kegiatan ini juga akan ditampilkan tari Tortor oleh pemuda dan pemudi IKBB Saroha NTT yang diiringi oleh Gondang Batak sebagai upaya memberikan pengetahuan seni budaya adat Batak
kepada generasi penerus.

Sementara itu, Ketua Umum IKBB Saroha Hery Leo Sianturi, M.Si., yang didampingi oleh Sekretaris Umum IKBB Saroha Dr. Jonnery Bukit, mengatakan, bahwa IKBB Saroha berdiri sejak tahun 1976, dengan tujuan mewujudkan Keluarga Besar Batak menjadi keluarga yang bersatu, kokoh dan berdaya guna serta menjadi berkat bagi masyarakat di NTT.

IKBB Saroha NTT, lanjut Hery Leo Sianturi, berasaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan budaya adat
Batak.

“Ikatan ini bersifat sosial, budaya dan kekeluargaan. Kegiatan IKKB Saroha NTT
antara lain, meningkatkan rasa saling tolong menolong sesama anggota, baik dalam suka maupun duka,” ungkap Hery.

Sosok yang juga Dekan Fakultas Sains Undana Kupang itu, melanjutkan, IKKB Saroha NTT juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan berperan aktif dalam mendukung program Pemda NTT.

Ditambahkan, IKKB Saroha juga melaksanakan kegiatan
dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota dalam bentuk pemberdayaan ekonomi, kesehatan, sosial budaya, hukum, kerohanian, pendidikan dan olahraga.

“Yang menjadi anggota dalam IKBB Saroha adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Mandailing dan Batak Pakpak,” tutup Hery Leo Sianturi yang didampingi Dewan Penasihat Pdt. B.W. Panggabean, SE.,M.Div, serta para penggurus dan anggota IKBB Saroha NTT lainnya. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSBUD

Alumni Smuntig Kupang Tahun 2000 Berbagi Kasih

Published

on

Para alumni Smuntig Kupang Angkatan 2000 pose bersama penghuni Panti Asuhan At-Tin di Kelurahan Namosain, Kota Kupang, Sabtu (16/3).

Kupang, penatimor.com – Alumni Smuntig Kupang Angkatan 2000 melaksanakan kegiatan sosial berupa kunjungan kepada 2 panti asuhan yakni Panti Asuhan Generasi Pengubah di Kelurahan Oebelo dan Panti Asuhan At-Tin di Kelurahan Namosain Kupang pada Sabtu (16/3).

Pada kegiatan sosial tersebut, para alumni diterima oleh pendiri Panti Asuhan Generasi Pengubah, Yunus Labba dan Ketua Panti Asuhan At-Tin, Mansyur.

Dalam sambutan yang disampaikan keduanya, mereka mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih berlimpah atas bantuan dan sumbangan dari Alumni Smuntig dan berharap agar kegiatan-kegiatan sosial seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Panti Asuhan Generasi Pengubah mengasuh 40 anak asuh dan Panti Asuhan At-Tin mengasuh 70 anak asuh.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Panitia Kegiatan, Yanes G. Panie dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang hangat dari pimpinan kedua panti tersebut.

Yanes juga mengingatkan para anak-anak asuh agar terus belajar dan bekerja keras agar kedepan menjadi generasi yang lebih unggul dari generasi saat ini.

Acara di kedua panti diisi oleh games-games seru yang dipimpin salah satu alumni, Ivan Isliko.

Kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama.

Yanes mewakili alumni juga berpesan kepada anak-anak asuh pada kedua panti tersebut untuk rajin belajar agar dapat meraih cita-cita.

“Gantungkanlah cita-cita setinggi langit karena 30 tahun dari sekarang kalian akan sadar bahwa kalian akan melakukan 100 kali lebih hebat dari kami,” pesan Yanes. (R1)

Continue Reading

SOSBUD

Jelang Pelantikan Bupati Alor, Digelar Ibadah Bersama, Hadirkan 5 Pendeta dan 1 Pastor

Published

on

Bupati Alor Drs. Amon Djobo didoakan oleh pendeta dan pastor dalam ibadah bersama di Hotel Sasando Kupang, Sabtu (16/3) malam.

Kupang, penatimor.com – Jelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Alor terpilih periode 2019-2024, Drs. Amon Djobo dan Imran Duru, S,Pd.,M.Pd, keluarga besar Alor di Kupang menggelar ibadah bersama di Ballroom Lontara II, Hotel Sasando Kupang, Sabtu (16/3).

Kegiatan ibadah bersama dihadiri ratusan diaspora Alor di Kota Kupang.

Tampak hadir sejumlah tokoh asal Kabupaten Alor dalam acara syukuran itu, seperti Mantan Bupati Alor Ans Takalapeta, mantan Wakil Bupati Alor Yusran Taher, Kadis Infokom Provinsi NTT yang juga mantan Wabup Alor Aba Maulaka, Ketua Umum Ikatan Keluarga Kepulaan Alor (IKKA) Fredrik Bolang, Ketua Harian IKKA Robert Jimmy Lambila serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Alor.

Terpantau, Bupati Alor terpilih Amon Djobo baru tiba di Hotel Sasando untuk mengikuti acara tersebut pada pukul 19.45.

Wakil Bupati terpilih Imran Duru yang sebelumnya tampak bersantai di ruang lobi hotel.

Saat Amon Djobo tiba, langsung diarahkan untuk menikmati makan malam yang telah disediakan di Restaurant Hotel Sasando.

Ibadah bersama yang dipimpin Pdt. Kondrat Penlaana, S.Th., baru berlangsung pukul 20.15.

Bupati tampak duduk di sebuah kursi yang telah diletakan di depan seluruh hadirin yang mengikuti ibadah itu.

Ibadah yang menghadiri 5 orang pendeta dan 1 orang pastor itu mengambil bacaan alkitab dari Masmur 139:1-10.

Ketua Panitia Deny Mauko, S.Pd.,M.Pd didampinggi sekretaris panitia Daniel Tonu, SE.,M.Si., kepada wartawan mengatakan, ibadah tersebut dilakukan bersama keluarga besar Alor untuk menghadapi pelantikan pada Minggu (17/3).

Deny mengungkapkan selain ibadah bersama ini, tidak ada kegiatan lain lagi namun akan dilanjutkan pada besok pagi.

“Acara malam ini akan dilanjutkan besok pagi dengan acara penjemputan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Alor di depan Hotel Sasando dengan melakukan atraksi budaya Sanggar Abui, kemudian diantar ke kantor Gubernur NTT untuk mengikuti prosesi pelantikan,” ujar mantan Kepala Sekolah SMP 16 Kota Kupang ini.

Tidak hanya itu, sesampainya di depan pintu pagar kantor gubernur, akan disambut dengan penuturan adat dari perwakilan tokoh adat lalu masuk ke gedung Sasando itu.

“Sampai di depan gedung sasando sudah ditunggu oleh purna IPDN karena pak Amon ini alumni IPDN,” katanya.

Usai disambut alumni IPDN, dilanjutkan dengan tarian lego-lego bersama para pejabat.

Setelah pelantikan rombongan kemudian langsung melanjutkan syukuran pelantikan di Ballroom Millenium Kupang di Jalan Timor Raya Kelurahan Pasir Panjang.

“Acara syukuran tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara bersama keluarga besar Alor di Kupang,” terangnya. (R1)

Continue Reading

POLKAM

Pemerintah Sikka Didesak Segera Terbitkan Perda Hukum Adat

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Maumere, Penatimor.com – Pemerintah Kabupaten Sikka didesak segera mengeluarkan peraturan daerah (Perda) tetang Hukum Adat dan Lembaga Adat karena aspek budaya memiliki peran strategis dalam menangkal radikalisme, terorisme dan intoleransi yang saat ini tumbuh dan berkembang dengan target menghancurkan empat pilar berbangsa dan bernegara.

Desakan ini disampaikan Ambros Dan, Marsel Isak dan Silvester Nong Manis dalam kegiatan Diskusi Kebangsaan Jaga Nian Tana untuk NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945 yang berlangsung di Hewokloang, Kabupaten Sikka, Minggu (10/3/2019).

Silvester Nong Manis mengatakan, diskusi ini sangat penting sehingga rekomendasinya harus diserahkan kepada Pemda Sikka. Ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat Kecamatan Hewokloang dalam upaya pemajuan kebudayaan, terutama mendukung lahirnya Perda Pemda Sikka tentang Hukum Adat dan Lembaga Adat.

“Saat ini sudah dibentuk sebuah tim kecil yang bertugas menginventarisasi obyek- obyek pemajuan kebudayaan yang merupakan warisan nenek moyang Hewokloang di Kecamatan Hewokloang,” kata Silvester.

Dia mengungkapkan, tim kecil tersebut bertugas untuk mendata jumlah sanggar yang ada di Hewokloang yang memfokuskan aktivitasnya di bidang seni dan budaya. Juga mendata jumlah putra- putri Kecamatan Hewokloang yang memiliki keahlian rapalan (pantun, kleteng latar dan latung lawang) sebagai obyek tradisi lisan juga teknologi tradisional (Kuwu Tua tempat membuat moke), pengetahuan tradisional dan ritus-ritus.

Semuanya ini direvitalisasi dalam rangka memenuhi perintah UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang menempatkan kebudayaan sebagai investasi untuk mambangun masa depan bangsa dan peradaban bangsa demi mewujudkan tujuan nasional.

Penyelenggara kegiatan diskusi yang juga caleg DPR RI nomor urut dua dapil NTT satu, Petrus Selestinus mengatakan, negara telah menempatkan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan dan perdaban bangsa demi terwujudnya tujuan nasional sesuai amanat UUD 1945. Karena itu keberagaman kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas atau jati diri bangsa yang harus dilestarikan.

Hewokloang adalah sebuah kampung, desa dan kecamatan di Kabupaten Sikka yang kaya akan budaya dan warga masyarakatnya masih kuat memegang teguh adat istiadat dengan baik. Karena itu diperlukan langkah konkrit dari pemerintah berupa perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“Kampung Hewokloang akan berperan besar dalam pelestarian budaya Kabupaten Sikka demi mempertahankan Kabupaten Sikka sebagai kabupaten yang berkepribadian dalam kebudayaan,” tandas Petrus.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) ini menyampaikan, UUD 1945 dalam beberapa pasal hasil amandemen telah memberikan pengakuan dan garansi bahwa negara mengakui dan menghormati kesatuan- kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sesuai dengan perkembangan dan prinsip NKRI.

Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban. Oleh karena itu obyek- obyek pemajuan kebudayaan yang ada di Kecamatan Hewokloang harus diiventarisasi dan direvitalisasi guna mencegah kepunahannya.

“Karena ancaman kepunahan obyek- obyek budaya asli Sikka pada umumnya dan Hewokloang pada khususnya sudah berada di depan mata kita sebagai akibat pesatnya teknologi informasi yang belum dikuasai masyarakat,” ujar Petrus.

Dia menambahkan, upaya melestarikan dan merevitalisasi obyek- obyek kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di Hewokloang masih sangat minim dilakukan oleh putra- putri Kecamatan Hewokloang. Bahkan hingga saat ini baru ada beberapa putra- putri Kecamatan Hewokloang mendirikan sanggar untuk melestarikan tradisi Hewokloang yaitu sanggar “Bliran Sina” dan sanggar “Dokar Tawa Tana” yang dimiliki oleh Cletus Beru. Kedua sanggar itu adalah usaha swadaya putra- putri Kecamatan Hewokloang yang berhasil membawa karya tradisional sarung tenun dan tarian-tarian Hewokloang hingga dikenal turis-turis mancanegara bahkan pentas ke luar negeri.

“Ini sebuah prestasi anak bangsa asal Hewokloang yang sangat membanggakan namun belum mendapat perhatian dan support dari pemerintah daerah sesuai dengan kewajiban pemerintah menurut UU,” papar Petrus. (R2)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2018 Pena Timor

error: Content is protected !!