Connect with us

LIFESTYLE

Balap Motor Perebutkan Piala Victor Dimoe Heo Siap Digelar di Kupang

Published

on

Kupang, Penatimor.com – Event balap motor memperebutkan piala Victor Arnoldus Yansenss Dimoe Heo (Vicky Techno) siap digelar pada tanggal 7 hingga 9 Desember 2018 mendatang di Sirkuit Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU El Tari Kupang.

Ketua Panitia Pelaksana, Jefri Lobo kepada media ini di Kupang, Jumat (23/11/2018) mengatakan, event balap motor yang bertajuk “ANAK KOEPANG HEBAT” ini diprakarsai dan dipromotori oleh salah satu anak muda berbakat Kota Kupang yakni Victor Arnoldus Yansenss Dimoe Heo atau yang akrab dikenal dengan nama Vicky Techno, yang juga merupakan mantan pebalap Kota Kupang.

“Untuk persiapan event ini sendiri sudah mencapai 90 persen, tinggal pemantapan dan kegiatan ini siap digelar untuk pecinta balap motor di Kota Kupang,” ungkap Jefri.

Menurut Jefri, event perdana ini akan memperebutkan beberapa kategori atau kelas, diantaranya Kelas Bebek 4 Tak 150 CC (Seeded Open), Kelas Bebek 4 Tak 130 CC (Seeded Open), Kelas Bebek 4 Tak 150 CC (Pemula A Open), Kelas Bebek 4 Tak 130 CC (Pemula A Open), Kelas Bebek 4 Tak 150 CC Standar Mix (Pemula B Lokal NTT, 12-20 Tahun), Kelas Bebek 4 Tak 130 CC Standar Mix (Pemula  B Lokal NTT), dan masih banyak kelas lagi yang akan dilombakan.

Victor Arnoldus Yansenss Dimoe Heo atau Vicky Techno selaku sponsor utama event balap motor ini mengatakan, tujuan digelarnya event dimaksud sebagai penyaluran bakat kawula muda dan bentuk kepedulian dirinya sebagai mantan pebalap dalam men­jawabi hobi balap pemuda. Se­lain itu juga untuk menyajikan hibu­ran bagi masyarakat NTT khususnya Kota Kupang.

“Event balap motor ini dibuat untuk bagaimana mengembangkan ketrampilan atau bakat yang ada pada anak NTT khususnya anak muda Kota Kupang,” ungkapnya.

Mantan pebalap era 2001 – 2005 itu juga menyatakan, event ini juga sekaligus untuk mencari dan menjaring potensi pebalap-pebalap muda untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di daerah maupun diorbitkan ke tingkat nasional.

“Ini juga sebagai dukungan bagi program kerja Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat dan Pengurus Daerah (Pengda) IMI NTT dalam penyelenggaraan otomotif khususnya balap motor,” katanya.

Vicky Techno berharap, event ini dapat men­jadi ajang bagi generasi muda Kota Kupang dan sekitarnya, untuk memperli­hat­kan talenta-talenta balap sepeda motornya.

“Sebagai mantan pebalap, saya juga berharap kegiatan ini bisa meminimalisir aksi kebut – kebutan di jalan, maupun aksi balap liar yang kerap dilakukan kalangan anak muda di kota ini,” tandas Vicky Techno.

Event Balap Motor Piala Victor Arnoldus Yansenss Dimoe Heo ini juga turut disponsori oleh FDR, JRT, NHK, Freedom dan Radio Suara Kupang SKFM.

Pendaftaran peserta akan dibuka pada hari Sabtu, 25 November 2018, bertempat di Sekretariat Panitia, Jl. Sapaba (Belakang Farmasi) Liliba, Contact Person : 081339140533 dan 081357428633. (R2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIFESTYLE

5 Langkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Published

on

Ilustrasi (NET)

Penatimor.com – Anda mungkin mulai menyadari bahwa semakin waktu bergulir, semakin banyak pakaian yang tak muat lagi dipakai. Padahal dahulu Anda bisa mengenakannya dengan mudah dan nyaman. Entah itu celana berkancing, kemeja atau terusan, semuanya kini terasa sesak.

Kalau sudah begitu, tandanya Anda sudah kegemukan. Untuk itu, tidak ada cara lain yang bisa ditempuh selain menurunkan berat badan, meskipun mungkin tidak bisa seideal dahulu.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, orang-orang yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba untuk menerapkan kombinasi antara diet seimbang dan olahraga secara rutin. Mengapa tidak diet saja?

Bila hanya terfokus pada diet, diet, dan diet, Anda memang bisa memiliki tubuh yang lebih langsing. Akan tetapi, Anda akan mudah mengalami badan lemas, juga tubuh menjadi tidak kencang. Belum lagi, bila Anda menerapkan metode diet yang tidak sesuai, yang akan terjadi kemudian adalah peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan.

Panduan turunkan berat badan
Dilansir dari Reader’s Digest, terdapat 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan ke rentang ideal. Cara-cara tersebut telah terbukti aman dan efektif. Adapun cara yang dimaksud, yaitu:

1. Kurangi asupan kalori

Bukan makanan yang dihilangkan sama sekali, melainkan jumlah kalorinya yang disesuaikan. Itulah prinsip yang bisa Anda terapkan bila ingin menurunkan berat badan dengan diet seimbang. Sehingga, Anda tetap mendapatkan segala kebutuhan gizi tanpa harus takut kegemukan.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada kondisi fisik dan aktivitas hariannya. Maka, untuk menentukan seberapa banyak kalori yang bisa Anda makan, sebaiknya atur bersama dokter dan ahli gizi.

2. Lewatkan makanan penutup yang tinggi gula

Sudah berhasil mengurangi kalori dan porsi makanan utama, langkah selanjutnya adalah menahan diri dari godaan makanan penutup yang manis. Pasalnya, seorang terapis fisik, Lauren Lobert, mengatakan bahwa mengurangi asupan gula merupakan langkah besar dalam menurunkan berat badan.

3. Lakukan olahraga kardio minimal 30 menit per hari

Untuk mengikis lemak di tubuh, jenis olahraga yang paling penting untuk dilakukan adalah latihan kardio, seperti lari, aerobik, bersepeda, zumba, dan lainnya. Latihan kardio sangat baik untuk dilakukan setiap hari setidaknya selama 30 menit.

Bila Anda mengombinasikan latihan kardio dengan latihan beban, maka hasilnya akan lebih baik lagi. Karena hasilnya, tubuh Anda tak cuma langsing, tetapi juga akan terlihat kencang dan menarik.

4. Hanya konsumsi makanan segar

Makanan kemasan biasanya mengandung banyak gula, lemak, garam, pengawet, MSG, dan zat-zat tak baik lainnya. Bila Anda ingin tubuh memiliki metabolisme yang maksimal, hentikanlah kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan atau olahan tersebut. Akan lebih baik bila Anda mengisi perut dengan makanan segar yang baru dimasak, terutama yang terbuat dari sayur-sayuran dan protein tanpa lemak jahat.

5. Lakukan High-Intensity Interval Training (HIIT)

Jenis latihan ini akan menantang fisik Anda. Berjalanlah selama 3 menit, lalu berlarilah selama 3 menit. Dengan melakukan teknik tersebut selama 20–50 menit, lemak dalam tubuh akan terbakar banyak.

Kelima langkah di atas sangat dianjurkan untuk dilakukan bersama dengan pengelolaan stres yang baik dan istirahat yang cukup. Selain itu, hindari terlalu buru-buru dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kilogram per minggu atau 2–2,5 kilogram per bulan. Selain itu, bila Anda punya kondisi kesehatan tertentu yang butuh perhatian khusus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan cara menurunkan berat badan seperti di atas. Jadi, selamat mencoba! (NB/ RVS/klikdokter)

Continue Reading

LIFESTYLE

Berhubungan Intim Sebelum Tidur Bisa Tingkatkan Mood?

Published

on

Ilustrasi tidur berdua (pixabay)

Penatimor.com – Jika Anda sulit tidur nyenyak, coba ingat lagi bagaimana hubungan Anda dengan si dia di ranjang. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhubungan intim dengan pasangan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Penelitian itu menunjukkan bahwa berhubungan intim sebelum tidur bisa membantu Anda tidur lebih baik karena sejumlah alasan. Selain itu, menurunnya kualitas tidur bisa menyebabkan penurunan mood dan libido.

Para ahli mengatakan sementara tidak ada bukti klinis yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa seks membuat Anda mengantuk, mekanisme dasar yang mendasari bahan kimia yang dilepaskan saat berhubungan seks bisa membantu seseorang tidur lebih baik. Antara lain, ada banyak hubungannya dengan hormon oksitosin, dijuluki “hormon cinta.”

“Pelepasan oksitosin telah dinyatakan terjadi bersamaan dengan perasaan kasih sayang serta sentuhan kasih sayang atau sensual, yang mengarah ke perasaan senang, kesejahteraan dan membantu mengatasi stres,” kata Dr. Amer Khan, ahli saraf Sutter Health, spesialis tidur, dan pendiri Sehatu Sleep di California Utara, seperti dilansir laman Healthline.

“Hormon lain, seperti dopamin, prolaktin, dan progesteron, terlibat dalam memengaruhi pikiran dengan rasa lega, relaksasi, dan kantuk setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan,” jelas Kahn.

Sebuah tinjauan tahun 2016 terhadap penelitian yang dilakukan di Universitas Ottawa menunjukkan bahwa melakukan hubungan seksual sebelum tidur bisa mengurangi stres dan mungkin membantu penderita insomnia memulai dan mempertahankan tidur mereka dan menjadikannya alternatif untuk mengatasi insomnia mereka tersebut.(fny/jpnn/R3)

Continue Reading

LIFESTYLE

Juventus Club Kupang Kampanye Daur Ulang Sampah

Published

on

Keluarga besar Juventus Club Indonesia Chapter Kupang pose bersama di area CFD, Sabtu (16/2).

Kupang, penatimor.com – Komunitas Juventus Club Indonesia Chapter Kupang mengkampanyekan kiat mengatasi sampah plastik dengan cara mendaur ulang.

Kampanye daur ulang sampah plastik dilakukan di area Car Free Day (CFD), Sabtu (16/2) pagi.

Selain mengkampanyekan penanggulangan sampah plastik sebagai wujud dukungan terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, mereka juga melakukan senam bersama.

“Kami juga melaksanakan olahraga bersama seluruh komunitas Juventus Club Indonesia dan Juvedonna (kaum perempuan pecinta Juventus),” kata Ketua Panitia sekaligus Humas Juvedonna Kota Kupang, Vhaya, di lokasi CFD.

Tujuan kegiatan ini kata Vhaya, untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat.

Dengan mengkampanyekan budaya hidup bersih dan penanganan sampah di area CFD, Vhaya optimistis dapat memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Bagaimana kita merubah mindset untuk tidak buang sampah sembarangan,” kata dia.

Menurutnya, pemahaman yang dibangun secara baik maka akan melekat pada pribadi masing-masing.

Seperti ketika berangkat ke pasar, lanjut dia, dari rumah telah membawa keranjang sehingga tidak lagi membeli kantong kresek.

Dengan demikian budaya untuk mengurangi sampah plastik secara bertahap akan terwujud.

Selain itu budaya membuang sampah di laut juga mesti ditinggalkan, demi menjaga ekosistem laut tetap bersih dan indah.

Oleh sebab itu, kegiatan di CFD yang melibatkan seluruh keluarga besar Juventus Club Indonesia Chapter Kupang, diharapkan dapat menjadi virus positif kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan secara baik.

Mengenai agenda selanjutnya, Vhaya sampaikan, bakal dilakukan pembagian buku tulis ke sekolah-sekolah. Di samping masih ada aneka kegiatan lainnya.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai elemen terkait. Diantaranya Dinas Pariwisata NTT, Dinas Kelautan dan Perikanan NTT, Farry Francis selaku pembina dan sponsor lainnya.

Senada dikatakan anggota Juventus Club Indonesia Chapter Kupang, Ali Alkatiri, yang mengaku kegiatan ini sangat positif.

Menurut dia, sebagai pemuda dan bagian dari warga Kota Kupang dan seluruh keluarga besar Juventus Club Indonesia Chapter Kupang ikut andil dan berpartisipasi dalam penanganan sampah.

Oleh sebab itu, ke depannya akan ada aksi bersih pantai sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

“Saya berharap kita semua berperan aktif untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat,” pungkas Ali Alkatiri. (R1)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2018 Pena Timor

error: Content is protected !!