Connect with us

NASIONAL

Lion Air JT610 Jatuh di Tanjung Karawang, Ini Nama Para Penumpang

Published

on

Ilustrasi pesawat Lion Air (NET)

Jakarta, penatimor.com – Pesawat Lion Air rute Jakarta – Pangkal Pinang dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 pada sekitar pukul 06.33 WIB.

“Pesawat tersebut membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi dengan 2 Pilot dan 5 FA, sampai saat ini telah hilang kontak selama kurang lebih 3 jam,” terang Kabag Kerja Sama dan Humas Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub, Sindu Rahayu, Senin (29/10).

Dijelaskan, pesawat nahas itu type B737-8 Max dengan nonor penerbangan JT 610, terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E.

Pesawat ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. Pesawat sempat meminta return to base sebelum akhirnya hilang dari radar.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub saat ini tengah berkoordinasi dengan BASARNAS, Lion Air selaku operator dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Perum LPPNPI untuk melakukan kegiatan pencarian dan penyelamatan terhadap pesawat JT 610,” ujar Sindu.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Pramintohadi Soekarno membenarkan telah terjadi hilang kontak Lion Air JT610 registrasi PK-LQP dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang.

“Pesawat hilang kontak sekitar pukul 06.33 WIB pada posisi 05 48.934 S 107 07.384 E dan radial 40.21 degree / 23.81 NM. Pesawat membawa 178 penumpang dewasa, satu anak dan dua bayi. Awak pesawat terdiri dari dua penerbang dan lima awak kabin. PIC Capt Bhavve Suneja dan SIC Harvino,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima media ini.

Menurut Pramintohadi, pesawat mempunyai certificate of registration issued 15/08/2018 expired 14/08/2021. Certificate of air worthiness issued 15/08/2018 expired 14/08/2019.

“Telah diterima informasi dari vts Tanjung Priok atas nama bapak Suyadi, tug boat AS JAYA II (rute: Kalimantan Selatan – Marunda) melihat pesawat Lion Air diduga jatuh di sekitar Tanjung Karawang,” ujar Pramintohadi.

Menurut dia, saat ini tengah dilakukan pencarian pesawat tetsebut oleh tim dari Basarnas. Rescuer Kansar Jakarta dan RIB 03 Kansar Jakarta bergerak ke lokasi koordinat kejadian untuk melakukan operasi SAR.

“Saat ini telah dibentuk crisis center di Terminal 1 B bandara Soekarno Hatta dan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang untuk keluarga penumpang,” ujar Pramintohadi. (R4)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Tinggi Animo Peserta PLN Video Competition 2018

Published

on

Dok. Ist

Jakarta, Penatimor.com – Setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2017, PLN Video Competition kembali digelar tahun 2018 dengan mengusung tema “Listrik untuk Mudahkan Hariku” dan dalam konsep Film Pendek. Animo masyarakat dalam berpartisipasi pada kompetisi ini cukup tinggi, khususnya peserta yang memiliki minat dalam bidang perfilman dan videografi.

Lebih dari 570 peserta mendaftarkan diri dan mengirimkan karyanya melalui website videocompetition.pln.co.id. Angka ini menunjukkan peningkatan peminat peserta PLN Video Competition dari tahun lalu, yakni sekitar 70%. Hari ini (31/12) pukul 23.59 WIB adalah hari terakhir pengiriman karya film pendek PLN Video Competition 2018.

“Kami sudah tidak sabar lagi melihat karya-karya terbaik dari masyarakat Indonesia, terutama para kreator film pendek dan anak-anak muda Indonesia. Kompetisi ini diciptakan untuk menggaet masyarakat dalam meningkatkan pemahaman manfaat listrik di kehidupan sehari-hari. Semakin banyak yang berpartisipasi dalam kompetisi ini semakin baik dan semakin dekat dengan PLN untuk membantu menggaungkan Energi Optimisme dalam Menerangi Negeri,” ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, dalam keterangan tertulisnya.

Kompetisi ini dibagi dalam dua kategori, yakni Kategori Umum (untuk masyarakat umum) dan Kategori Pelajar (untuk Pelajar SMA atau sederajat). Kompetisi ini bisa diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia dengan syarat dan ketentuan yang ada di website videocompetition.pln.co.id.

Karya-karya dari peserta yang didaftarkan di website kemudian akan disaring sesuai dengan syarat teknis dan tema kompetisi. Karya yang memenuhi kurasi awal akan ditayangkan di menu Galeri Karya pada website. Bagi peserta yang videonya tidak lolos kurasi, diperbolehkan untuk memperbaiki atau mengirimkan karya baru (maksimal hari ini (31/12) pukul 23.59 WIB).

Setelah itu, karya-karya yang sudah dimoderasi oleh tim kurator akan dinilai oleh juri PLN Video Competition 2018, yaitu sutradara senior tanah air Riri Riza, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dan Lucky Pransiska dari Harian Kompas. Penilaian karya terdiri dari lima kriteria, yaitu faktualitas informasi, ide cerita, pesan yang disesuaikan dengan tema, visualisasi, dan grafis.

Ada total hadiah Rp 135 juta bagi 3 juara utama dan 2 juara favorit di masing-masing kategori. Pemenang akan diumumkan di laman website videocompetition.pln.co.id pada 19 Januari 2019.

Pertanyaan lain seputar PLN Video Competition 2018 dapat dikirimkan ke e-mail videocompetition@pln.co.id. Pantau juga website pln.co.id, Instagram @pln_id, Facebook Fanpage PLN.id, serta Twitter @PLN_info. (R2)

Continue Reading

NASIONAL

PLN Raih Penghargaan Kemendikbud untuk Program Vokasi SMK

Published

on

General Manager PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Wisnoe Satrijono menerima penghargaan dari pemerintah melalui Kemendikbud sebagai BUMN yang peduli pendidikan Vokasi di Indonesia, yang diserahkan oleh Kemenko Perekonomian, Darmin Nasution dan Mendikbud Muhajir Effendi di Jakarta, Rabu (5/12/2018)

Jakarta, Penatimor.com – Perusahaan Listrik Negara atau PLN menjadi satu-satunya BUMN yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan atas kontribusi perusahaan terhadap pengembangan kompetensi lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) melalui program vokasi.

Penghargaan Peduli SMK disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pereknomian, Darmin Nasution dan didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy kepada General Manager PLN Pusat Pendidikan Dan Pelatihan (Pusdiklat) Wisnoe Satrijono pada gelaran Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Sebanyak lima industri menerima penghargaan Peduli SMK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Keterangan tertulis yang diterima media ini menyebutkan, industri yang meraih penghargaan meliputi bidang industri otomotif, bidang industri kecantikan, bidang industri makanan dan minuman dan bidang industri listrik.

Pada kesempatan itu, Mendikbud menyampaikan terima kasih atas kepedulian dunia usaha dan dunia industri (DUDI) terhadap pendidikan vokasi, terutama SMK.

“Kami mengapresiasi DUDI yang bersungguh-sungguh terlibat dalam penyusunan kurikulum SMK. Dengan kerja keras dan kerja sama yang baik antara DUDI dan pemerintah, diharapkan dapat menghasilkan lulusan SMK yang kompeten,” kata Mendikbud.

Sementara itu, General Manager PLN Pusdiklat, Wisnoe Satrijono mengatakan, PLN telah berupaya aktif sejalan dengan program pemerintah melalui kegiatan BUMN yang peduli pendidikan vokasi dan peningkatan daya saing generasi muda di Indonesia.

“Proyek ketenagalistrikan banyak dan tersebar. Membutuhkan SDM yang tidak sedikit dan harus kompeten di bidangnya. Sehingga Pembangunan yang ada berdampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja khususnya lulusan SMK,” jelas Wisnoe.

Menurut Wisnoe, sejak tahun 2015 PLN telah melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi ketenagalistrikan bagi pengajar dan peserta didik SMK.

“Lulusan program vokasi SKM sudah ada yang diterima di PLN dan anak perusahaan. Ada 86 Siswa,” ungkap Wisnoe.

Selain PLN, peraih penghargaan Peduli SMK adalah L’Oréal Indonesia, PT. Astra Honda Motor, PT Sumber Alfaria Trijaya.TBL, dan Yamaha Motor Manufacturing Indonesia. (R2)

Continue Reading

NASIONAL

Ketua RW di Jatinegara Tewas Setelah Reuni 212

Published

on

Dok. Ist

Jakarta, Penatimor.com – Seorang pria yang merupakan seorang peserta aksi Reuni 212 diduga meninggal lantaran kelelahan usai mengikuti acara yang digelar di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (2/12).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pria tersebut bernama Idris (53) yang berdomisili di Jalan Tanah Rendah, RT 11/008, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Pusat membenarkan adanya seorang pria yang meninggal. Namun demikian, ia menyatakan bahwa Idris tidak meninggal saat berada di Monas.

“Iya, tapi bukan di sini,” singkat Roma saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga membenarkannya. Sama seperti Roma, Anies juga belum mengetahui secara pasti penyebab Idris meninggal.

Anies hanya menerima informasi bahwa Idris merupakan ketua RW 008. Saat ini, ia berencana untuk mengunjungi rumah Idris.

“Iya tadi ada ketua RW yang meninggal. Penyebabnya enggak tau, pulang pada ngabarin semua. Saya mau ngelayat sebentar,” kata Anies.

Sumber: wartakota.tribunnews.com

Continue Reading

Trending

Copyright © 2018 Pena Timor